Ini Biaya Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022

Neneng Zubaidah
Ilustrasi suasana kampus. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) 2022 ini mengharuskan calon pesertanya untuk membayar biaya pendaftaran. Selain itu, SBMPTN juga terbuka untuk calon mahasiswa berprestasi dari kalangan tidak mampu untuk mendaftar dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT ) Prof Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, UTBK SBMPTN itu mengharuskan calon pesertanya untuk membayar.

Prof Budi berharap, subsidi dari pemerintah untuk pelaksanaan SBMPTN itu masih sama dengan SBMPTN 2021 sehingga biaya pendaftaran yang dibebankan ke peserta masih sama dengan tahun lalu.

"Berbayar. Jadi semoga support pendanaan dari pemerintah masih sama, minimal sama dengan tahun kemarin,">

Berdasarkan data LTMPT, biaya UTBK 2022 untuk kelompok ujian sainstek atau soshum itu sebesar Rp200 ribu dan untuk kelompok ujian campuran (saintek dan soshum) itu sebesar Rp300 ribu.

Sementara itu, Prof Budi menjelaskan, SBMPTN tahun depan juga akan menerima calon mahasiswa yang melamar KIP Kuliah. Namun untuk pengurusannya tidak melalui LTMPT, ujarnya, melainkan di Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network