Profil Shayne Pattynama, Mantan Bek Ajax Amsterdam yang Disetujui DPR untuk Dinaturalisasi

Andhika Khoirul Huda
Profil Shayne Pattynama, mantan bek Ajax Amsterdam yang segera jadi punggawa Timnas Indonesia. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.comProfil Shayne Pattynama akan dibahas dalam artikel saat ini. Shayne Pattynama telah disetujui DPR untuk dilakukan naturalisasi untuk memiliki kewarganegaraan Indonesia. Bek kiri yang bermain di Liga Norwegia itu bakal memperkuat Timnas Indonesia setelah dinaturalisasi. 

Dilansir berbagai sumber, Shayne Pattynama memiliki nama lengkap Saine patinama atau Shayne Elian Jay Pattynama. Lahir 11 Agustus 1998, Shayne memiliki keturunan Semarang, Jawa Tengah. Saat ini dia memperkuat klub Liga Utama Norwegia (Eliteserien League) Viking FK. Shayne memiliki darah Indonesia dari ayah kandungnya. 

Pada 2004-2007, Shayne Pattynama pernah memperkuat kesebelasan Ajax Amsterdam junior. Bahkan, skill individu pemain berpostur tinggi 180 cm itu dinilai setara pemain profesional eropa. 

Sementara itu, Proses naturalisasi Shayne Pattynama disetujui DPR RI dalam rapat kerja Komisi X, Selasa (8/11/2022).

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, dalam rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Menteri Pemuda an Olahraga, Zainudin Amali, di Gedung DPR RI, Senayan. Turut hadir Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

“Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama," kata Hetifah dalam kesimpulannya.

Itu artinya, Shayne selangkah lagi akan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Selanjutnya, dia hanya tinggal melakukan sumpah untuk meresmikan status perubahan warga negaranya dari Belanda menjadi Indonesia. Dia bakal tampil di berbagai turnamen bergengsi yang akan bergulir seperti Piala AFF 2022 dan Piala Asia 2023.

Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul: Kabar Baik! Naturalisasi Shayne Pattynama Disetujui DPR, Main di Piala AFF 2022?

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network