Rambut Rontok? Kenali 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rizqa Leony Putri
Ilustrasi rambut rontok. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Rambut rontok sebenarnya merupakan hal yang normal. Namun, yang harus diperhatikan jika kerontokan rambut berlangsung terus-menerus dan dalam jumlah yang banyak, kondisi itu dapat mengganggu penampilan.

Rambut rontok yang berlebihan dapat membuat kepala terlihat botak. Beruntung, saat ini ada banyak produk perawatan yang bisa digunakan untuk mengatasinya.

Nah, sebelum melakukan tindakan perawatan pada rambut, terlebih dahulu ketahui apa saja penyebab rambut rontok. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

1.  Stres

Beratnya tekanan yang dihadapi setiap hari rentan menimbulkan stres pada seseorang. Stres tidak boleh dianggap sepele karena bisa menyebabkan masalah kesehatan, termasuk masalah pada rambut. Normalnya, rambut yang rontok setiap hari akan digantikan dengan rambut baru sehingga ketebalan rambut kurang lebih tetap sama.

Stres dapat menyebabkan timbulnya alopecia areata. Kondisi ini menyebabkan kerontokan rambut yang parah sehingga kepala menjadi botak. Selain itu, ada pula yang disebut telogen effluvium yaitu kondisi ketika rambut yang tidak tumbuh dengan normal. Akibatnya, rambut akan semakin menipis karena rontok setiap hari tetapi tidak diimbangi dengan rambut baru.

2.  Perubahan Hormon

Perubahan hormon pada wanita juga dapat menyebabkan kerontokan rambut yang bersifat parah. Ada dua hormon yang utama dalam tubuh wanita, yaitu estrogen dan progesteron. Keduanya memiliki peran penting dalam proses reproduksi wanita.

Editor : Norman Octavianus

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network