Ini 4 Tanaman Palawija Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat

Muhammad Sukardi
Sayur penurun kolesterol tinggi perlu dikonsumsi rutin. Sayuran ini terbukti cepat dan ampuh, anda pun tak perlu khawatir. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.com - Tanaman palawija ampuh turunkan kolesterol

Meski belum banyak yang tahu tanaman palawija ampuh turunkan kolesterol, namun saat ini pembahasan masuk pada hal itu. 

 Palawija sendiri adalah tanaman lain yang ditanam untuk memenuhi kebutuhan pangan selain tanaman pangan, seperti padi. Tanaman palawija kerap disebut tanaman secondary. 

Nah, ada beberapa tanaman palawija yang mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam darah Anda. Apa saja tanaman tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (20/7/2022), berikut ulasan selengkapnya. 

 

1. Wortel 

Menurut laman Hindustan Times, konsumsi wortel secara teratur terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Serat pada wortel punya peran penting dalam fungsi tersebut.

 Menurut University of Arizona College of Agriculture & Life Sciences, serat larut dalam wortel membantu dalam ekskresi asam empedu yang mengandung kolesterol. 

 

2. Kentang 

The American Heart Association melaporkan bahwa makan makanan yang tinggi serat larut seperti kentang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. "Serat larut dalam kentang melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam mengelola kadar kolesterol daripada Anda mengontrol asupan rendah lemak trans dan jenuh," terang laporan Healthline. 

 

3. Kacang Kedelai 

Kacang kedelai adalah jenis tanaman palawija lain yang mampu menurunkan kolesterol jahat. Bahkan, manfaat tersebut sudah dibuktikan dalam studi. 

"Berdasarkan bukti studi diketahui bahwa kedelai dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Karena manfaat tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengumumkan kalau kedelai bermanfaat untuk menyehatkan jantung," terang laporan Very Well Health. 

 

4. Jagung 

Jagung yang merupakan tanaman palawija lain pun punya manfaat menurunkan kolesterol. Tapi, studi lebih menyarankan minyak jagung dalam upaya menurunkan kolesterol jahat tersebut. 

"Studi pada 2018 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menemukan bahwa sebanyak 25 orang dewasa dengan kolesterol tinggi mengalami penurunan kadar kolesterol jahat setelah rutin mengonsumsi empat sendok minyak jagung per hari," ungkap laporan Healthy Cholesterol Club. 

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network