get app
inews
Aa Read Next : Irjen Kementan 'Dialog Jaga Pangan' di Kepulauan Talaud

Canangkan Gerbangdutas di Talaud, Mendagri Tambah Anggaran Perbatasan Negara

Rabu, 25 Mei 2022 | 12:39 WIB
header img
Pencanangan Gerbangdutas 2022 di Talaud, Sulawesi Utara. (F: iNews)

TALAUD, iNews.id – Kedatangan Menteri dalam negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kabupaten Kepulauan Talaud, dalam pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2022 membawa kesan tersendiri di Sulawesi Utara.

BACA JUGA: Krisis Pangan Picu Perang Dagang, Kenaikan Harga Barang di Depan Mata

Dalam kunjungan mendagri yang juga dihadiri Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkoplhukam) Mahfud MD, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Bupati Kepulauan Talaud Elly E Lasut, dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) KH Noor Achmad, jadi momentum kearifan lokal masyarakat perbatasan negara.

Pemerintah tahun ini mempersiapkan anggaran sebesar Rp10,5 triliun untuk pembangunan kawasan perbatasan negara.

Mendagri Tito dalam pernyataannya menegaskan Gerbangdutas merupakan langkah Pemerintah dalam percepatan pembangunan kawasan perbatasan.

BACA JUGA: Resmi! Pembelian Chelsea Rp78 Triliun Disetujui Panitia Liga Premier

Selain itu, Gerbangdutas tak hanya menjadi upaya meningkatkan pertahanan, keamanan, dan penegakan hukum, tapi juga mengatasi keterisolasian wilayah perbatasan.

“Ini (Gerbangdutas) tujuannya memperkuat pertahanan dan memperkuat pembangunan. Ini (Kabupaten Kepulauan Talaud) merupakan daerah yang rentan aktivitas lintas negara karena berbatasan dengan negara lain (Filipina).

Makanya, kami harus memperkuat pembangunan di sini,” kata Mendagri selaku Kepala Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP). Menurut Tito, pembangunan di wilayah perbatasan ini tentunya berdampak terhadap aspek pertahanan dan pengetatan hukum di perbatasan Indonesia.

Gerbangdutas menjadi komitmen Pemerintah untuk menjalankan pembangunan di semua perbatasan Indonesia.  Dirinya bersama Menkopolhukam, mewakili negara telah hadir di beberapa Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) Indonesia sebagai bentuk komitmen untuk membangun kawasan perbatasan dan mengawal kedaulatan NKRI.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut