get app
inews
Aa Read Next : Sering Terjadi Pemadaman Listrik, Tokoh Pemuda Talaud Ini Langsung Hubungi GM PLN Suluttenggo

Irjen Kementan 'Dialog Jaga Pangan' di Kepulauan Talaud

Senin, 11 September 2023 | 22:46 WIB
header img
Irjen Kementerian Pertanian, Jan S Maringka menggelar Dialog Jaga Pangan di Kabupaten Kepulauan Talaud (Foto : Istimewa)

TALAUD, iNewsManado.com - Irjen Kementerian Pertanian, Jan S Maringka menggelar 'Dialog Jaga Pangan' bersama Bupati Elly Lasut dan jajaran di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Jumat (8/9/2023) lalu.

"Dari dialog ini diharapkan menjadi salah satu upaya dalam menghadapi tantangan pertanian antara lain adanya ancaman perubahan iklim (el-nino), ancaman alih fungsi lahan dan kurangnya minat generasi muda terhadap sektor pertanian," ujar Irjen Jan di  Kepulauan Talaud.

Menurut dia, percepatan pembangunan ketahanan pangan sudah harus dilakukan demi mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia. Percepatan ketahanan pangan dan kedaulatan pangan tersebut menurutnya bisa dilakukan dengan tiga syarat yakni ketersediaan pangan yang cukup, kemudahan akses, dan keamanan.

"Kita harus memperkuat kolaborasi pengawasan dalam rangka mendorong dan mempercepat program strategis, program prioritas dan program super prioritas kementan melalui sinergi pengawasan terhadap komitmen pemerintah daerah dalam nendukung program ketahanan pangan," ujarnya. 

Wujud nyata komitmen bersama tersebut, pada 30 Mei 2023 lalu Itjen Kementan telah melakukan  penandatangan kerja sama dengan Itjen Kemendagri sama-sama bersinergi, membangun serta mensukseskan program ketahanan pangan.

Jan Maringka mengatakan, komitmen para kepala daerah sangat penting untuk sama-sama mengawasi penerbitan perda Lahan Pangan Pertanian Berkelanjutan (LP2B) sebagai upaya bersama dalam memberi perlindungan serta keberpihakan pengelolaan dana desa berbasis pertanian.

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut