get app
inews
Aa Read Next : Pangdam XIII/Merdeka Bersama Forkopimda Pantau Pencoblosan Dibeberapa TPS

Pemilu 2024 Diusulkan Gunakan E-voting, Begini Tanggapan Partai Politik

Jum'at, 25 Maret 2022 | 11:35 WIB
header img
Ilustrasi Pemilu 2024 (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Penggunaan E-voting pada Pemilu 2024 dirasa sangat baik. Usulan terkait hal itu disampaikan Menkominfo Jhonny G Plate.

Dia  mengusulkan Pemilu 2024 dilaksanakan dengan metode E-voting untuk mewujudkan proses kontestasi politik yang efektif dan efisien. Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi PDIP, Junimart Girsang menyebutkan pihaknya mengaku setuju dengan pelaksanaan Pemilu dengan E-voting asalkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara sudah siap.

"Kita kembalikan kepada kesiapan penyelenggara pemilu untuk menerapkan sistem e-voting. Bila KPU siap untuk itu kenapa tidak," ujar Junimart, Kamis (24/3/2022). Dia menyebutkan usulan tersebut tengah dipresentasikan KPU dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi II. Menurutnya Undang-undang (UU) Pemilu bisa direvisi jika model E-voting disepakati oleh seluruh fraksi dalam rapat. "Monggo dipresentasikan dalam RDP atau Raker di Komisi II DPR-RI yang akan kami rencanakan diadakan 11-12 April 2022. Revisi (UU Pemilu) bisa dilakukan apabila model E-voting disepakati dan diputuskan dalam RDP atau Raker di Komisi II," kata Junimart. Meskipun demikian Junimart menyebutkan digitalisasi Pemilu dengan menggunakan E-voting harus memenuhi nilai demokrasi. Sementara itu, Wakil Ketua Fraksi PKS DPR, Sukamta mengaku setuju dengan penggunaan E-voting namun ia menyebutkan harus ada antisipasi terhadap persoalan keamanan dan serangan cyber.

"Prasyarat utamanya adalah tersedianya sistem yang cukup kapasitasnya sehingga bisa diakses dan di-upload secara serentak se-Indonesia, dan yang terpenting adalah keamanan. Karena server akan menjadi sasaran empuk serangan siber dari berbagai pihak," jelas Sukamta.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut