get app
inews
Aa Read Next : Penumpang dan Pengunjung di Bandara Sam Ratulangi Dihibur Dengan Barongsai dan Pembagian Souvenir

Keindahan Pagoda Ekayana di Kota Tomohon

Minggu, 11 Februari 2024 | 15:37 WIB
header img
Keindahan Pagoda Ekayana (Foto iNewsManado/Subhan)

Ke 18 patung arahat itu adalah Pindola, Nantimitolo, Pantha the Elder, Angida, Asita, Rahula, Nagasena, Gobaka, Pantha the Younger, Fajraputra, Nakula, Bodhidarma, Vanavasa, Kanaka The Bharadavaja, Katika, The Vatsa, Nandimitra, dan Pindola the Bharadvaja.

Didekat 18 patung itu, ada Ruang bakti pada leluhur berbentuk Stupa model lumbung padi dan tugu lilin. Stupa merupakan simbol pikiran tertinggi dari pencapaian seorang Buddha, simbol kekosongan, sudah mencapai kepada ketiadaan. 

Lilin sebagai simbol penerangan, Dharma itu seperti lilin yang sedang menyala, harus sesuatu yang dipraktekkan baru dia memberi manfaat. 

Sementara di sebelah kanannya terdapat Buddha Hall, bangunan utama dari Vihara Buddhayana. Masuk sedikit ke dalam kita disambut kolam air mancur berbentuk naga melingkari kolam. Di sampingnya berdiri Pagoda Ekayana yang menjulang tinggi. 

Pagoda sembilan tingkat ini berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda yang disucikan. Di lantai satunya terdapat arca Kwan Kong, sementara lantai lainnya masih kosong.

Di depan Vihara Buddhayana terdapat roda dharma dengan patung rusa di samping kiri dan kanannya. Roda dharma yang terdiri dari delapan jeruji itu melambangkan ajaran Buddha tentang delapan langkah untuk bisa mencapai kebahagiaan sejati. Dan rusa mengartikan bahwa dharma yang pertama kali diajarkan Buddha di taman rusa.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut