get app
inews
Aa Read Next : Penumpang dan Pengunjung di Bandara Sam Ratulangi Dihibur Dengan Barongsai dan Pembagian Souvenir

Keindahan Pagoda Ekayana di Kota Tomohon

Minggu, 11 Februari 2024 | 15:37 WIB
header img
Keindahan Pagoda Ekayana (Foto iNewsManado/Subhan)

TOMOHON, iNewsManado.id - Keindahan Pagoda Ekayana yang berada di Kota Tomohon ini tidak kalah indahnya dengan Pagoda Cien yang berada di Taiwan. Pagoda Ekayana berada di lingkungan Vihara Buddhayana yang terletak di Kelurahan Kakaskasen III, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Lokasi yang asri ditambah dengan pemandangan Gunung Lokon, membuat Vihara ini menjadi salah satu destinasi wisata yang indah nan cantik di Kota Tomohon.

Awalnya, Vihara ini tidak dijadikan sebagai tempat wisata, hanya saja lokasinya yang dekat dengan pusat kota dan jalan raya membuat masyarakat berdatangan sehingga makin dikenal tidak hanya di Kota Tomohon saja 

Vihara Budhayana ini dibangun sejak tahun 1982 proses pembangunannya berjalan lambat karena dibangun satu persatu tidak sekaligus. Bangunan yang pertama kali berdiri adalah Buddha Hall, bangunan utama dari Vihara Buddhayana yang merupakan tempat peribadatan setiap minggu. Di dalamnya ada Arca Buddha Gautama.

Kompleks Vihara berdiri di atas lahan dengan luas hampir 2 hektar. Begitu memasuki kompleks vihara, dari pintu gerbang kita disambut dengan 18 patung Arahat atau Se Pa Lo Han yang berjejer rapi disebelah kiri. Mereka adalah para murid sang Buddha yang telah mencapai tingkat kesucian tertinggi.

18 Arahat ini adalah para bhikkhu yang semuanya berasal dari India. Mereka dianggap sudah mencapai tingkat kesucian yang tertinggi. Masing-masing para Bhikkhu ini punya keistimewaan, kebijaksanaan dan kesaktiannya masing-masing.

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut