get app
inews
Aa Read Next : Pastikan Kelancaran Pendistribusian BBM dan LPG, Pertamina Patra Niaga Bentuk Tim SATGAS RAFI 2024  

Pertamina Sulawesi Setorkan PBBKB 2023 Total Senilai 2 Triliun

Sabtu, 03 Februari 2024 | 00:54 WIB
header img
Pertamina Sulawesi Setorkan PBBKB 2023 Total Senilai 2 Triliun (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.com - Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) tahun 2023 sebesar Rp 2 triliun disetorkan Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi menyetorkan kepada enam Pemerintah Provinsi yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

PBBKB merupakan pajak atas penggunaan semua jenis bahan bakar cair atau gas untuk kendaraan bermotor dan alat berat, dalam hal ini diseluruh wilayah Sulawesi dan Gorontalo, Pertamina dikenakan tarif PBBKB untuk jenis BBM tertentu (subsidi) dan jenis BBM khusus penugasan sebesar 5 persen dan jenis BBM umum transportasi dan umum industri sebesar 7,50 persen. 

Di Sulut, Sulteng, dan Gorontalo jenis BBM umum sektor industri sebesar 1,29 persen dan jenis BBM umum pertambangan dan kehutanan sebesar 6,75 persen. Kemudian di Sultra jenis BBM umum sektor industri, pertambangan, dan kehutanan dikenakan sebesar 6 persen. 

Selanjutnya khusus di Sulbar jenis BBM umum sektor industri dan jenis BBM umum pertambangan dan kehutanan dikenakan tarif PBBKB sebesar 7,5 persen.

Area Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menyampaikan bahwa Pertamina merupakan perusahaan yang taat terhadap pajak. 

Secara rinci Fahrougi menjelaskan setoran PBBKB tertinggi selama tahun 2023 berada pada Provinsi Sulawesi Selatan yakni sebesar Rp 892,7 milyar, kemudian disusul oleh Provinsi Sulawesi Tenggara sebesar 405 milyar, Provinsi Sulawesi Tengah sebesar Rp 310 milyar, Provinsi Sulawesi Utara sebesar Rp 295,5 milyar, Provinsi Gorontalo sebesar Rp 92,5 milyar, dan terakhir Provinsi Sulawesi Barat sebesar Rp 87,5 milyar.

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut