get app
inews
Aa Read Next : Ini Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan

Ini 3 Manfaat Kopi untuk Tubuh

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:45 WIB
header img
Kopi memiliki manfaat bagi saluran pencernaan. (Foto: Foodal.com)

JAKARTA, iNews.id – Plus-minus mengonsumsi Kopi telah diketahui bersama. Salah satunya membahas soal manfaat Kopi bagi tubuh. Pasalnya terdapat studi klinis baru-baru ini yang menemukan efek positif kopi pada pencernaan dan usus, serta melindungi terhadap keluhan pencernaan umum, seperti batu empedu dan penyakit hati tertentu.

Dilansir Hindustan Times, Rabu (26/1/2022) bahwa studi ini telah di dipublikasikan di 'Nutrients Journal'. Tinjauan terhadap 194 publikasi penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi moderat (didefinisikan oleh EFSA sebagai 3-5 cangkir per hari) tidak ditemukan efek berbahaya pada berbagai organ saluran pencernaan.

Tidak cukup puas dengan hasilnya, kemudian para peneliti ini melakukan penelitian yang lebih memfokuskan kepada dua bidang minat khusus. Di antaranya hubungan antara kopi dan penurunan risiko batu empedu dan bukti yang menghubungkan konsumsi kopi dengan penurunan risiko pankreatitis.

Dalam prosesnya melalui saluran pencernaan, kopi memiliki tiga dampak utama yang terdiri dari:

 

1. Kopi dikaitkan dengan sekresi lambung, empedu, dan pankreas yang semuanya diperlukan untuk pencernaan makanan.

Dalam penelitiannya ditemukan bahwa kopi menimbulkan efek untuk merangsang produksi hormon pencernaan gastrin dan asam klorida, hadir dalam jus lambung. Keduanya itu membantu memecah makanan di perut.

Selain itu, kopi juga merangsang sekresi cholecystokinin (CCK), hormon yang meningkatkan produksi empedu, juga terlibat gangguan pencernaan.

 

2. Kopi tampaknya terkait dengan perubahan komposisi mikrobiota usus.

Dalam studi yang ditinjau, konsumsi kopi ditemukan menyebabkan perubahan komposisi mikrobiota usus, terutama pada tingkat populasi Bifidobacteria  yang menghuni saluran pencernaan yang ada di mana-mana.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut