get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Kulit Pepaya untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Penuaan Dini

Wajib Tahu! Ini 12 Makanan yang Baik Bagi Pencernaan

Senin, 20 Juni 2022 | 17:33 WIB
header img
Makanan yang baik bagi pencernaan. (F: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pencernaan lancar dipengaruhi dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Pencernaan bisa mengalami masalah ketika asupan makanan dan pola makan yang salah. 

Organ di dalam sistem pencernaan berfungsi mengolah segala asupan makanan dan membuang sisanya.

Apabila kinerjanya tidak seimbang, maka pencernaan dapat terganggu. Anda bisa mengalami sakit perut, kram, diare, dan sembelit. 

Kondisi tertentu seperti irritable bowel syndrome (IBS) dan gastroesophageal reflux disease (GERD) juga dapat membuat Anda berisiko mengalami masalah pencernaan yang lebih parah.

Oleh karena itu, kita wajib menjaga kesehatan saluran pencernaan, salah satunya dengan memilih makanan yang baik untuk pencernaan:

 

1. Yoghurt

Yoghurt terbuat dari susu yang telah difermentasi oleh bakteri asam laktat. Yoghurt juga merupakan bahan makanan mengandung bakteri baik yang dikenal sebagai probiotik.

Bakteri baik tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan menjaga kesehatan usus Anda. Probiotik juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, dan diare.

 

2. Apel

Salah satu buah yang bagus untuk pencernaan adalah apel. Buah apel kaya akan pektin dan serat. Saat di dalam pencernaan, pektin akan dipecah oleh bakteri baik di usus besar. Hasilnya, pektin akan meningkatkan volume feses.

Oleh sebab itu, biasanya konsumsi pektin kerap digunakan sebagai cara mengatasi sembelit dan diare. Serat ini juga telah terbukti menurunkan risiko infeksi usus dan pembengkakan di usus besar.

 

3. Pepaya

Selanjutnya, buah yang bagus untuk pencernaan adalah pepaya. Buah pepaya mengandung papain dan chymopapain, yakni enzim yang mendukung kinerja sistem pencernaan dengan membantu memecah protein.

Pepaya juga mengandung serat yang tinggi. Oleh karena itu, konsumsi pepaya dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian dan baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

 

4. Daun Mint

Daun mint dapat meredakan gangguan pencernaan dan ampuh membantu beberapa gejala yang berkaitan dengan sindrom iritasi usus. Bahan alami ini bisa membantu memperlambat kinerja otot perut atau mengurangi risiko kejang yang dapat memicu rasa mual.

Khasiat daun mint lainnya adalah ampuh melancarkan pergerakan udara yang menumpuk di saluran pencernaan. Udara tersebut adalah penyebab rasa kembung, kram perut, dan lainnya.

Selain itu, manfaat daun mint juga memiliki efek memperlancar pergerakan usus dan meningkatkan fungsi kerja saluran empedu.

 

5. Jahe

Jahe membantu menghalau mual dan menenangkan ketidaknyamanan di perut. Karena khasiatnya tersebut, jahe sering dianjurkan untuk dikonsumsi bila mual saat hamil, usai pembedahan, dan setelah menjalani kemoterapi.

Tambahkan jahe kering ke dalam teh ataupun makanan yang dipanggang. Anda juga bisa memarut jahe segar dan dicampurkan ke dalam saus salad dan smoothie.

Manfaat jahe ampuh menghangatkan tubuh. Tak hanya itu, jahe juga dapat mengurangi keluhan akibat produksi gas berlebihan di dalam saluran cerna.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut