get app
inews
Aa Read Next : 10 Manfaat Kafein bagi Kesehatan, No 5 Tidak Diduga

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi? Ini Penjelasannya

Rabu, 16 Maret 2022 | 12:37 WIB
header img
Ilustrasi Kopi. (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Saat ini kopi menjadi salah satu minuman yang paling digemari di dunia selain teh. Bukan hanya orang tua saja, para remaja pun sering menjadikan minuman ini sebagai teman nongkrong bersama sahabat. Di Indonesia sendiri, kopi memang semakin digemari setelah banyak kedai kopi kekinian.

Mengonsumsi kopi pun bisa meningkatkan energi, karena stimulan kafein, zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi. Setelah kopi diminum, kafein diserap ke dalam aliran darah kemudian menuju ke otak.

Sebagian orang menikmati secangkir minuman ini setelah bangun tidur sementara yang lain menundanya setelah beberapa jam. Namun, minum kopi terlalu cepat setelah bangun dikatakan akan mengurangi efek energinya, karena hormon stres kortisol Anda berada pada tingkat puncaknya pada saat itu.

Seperti dikutip Antara dari Healthline, kortisol adalah hormon yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus, mengatur metabolisme, respons sistem kekebalan, dan tekanan darah Anda. Hormon ini mengikuti ritme khusus untuk siklus tidur-bangun Anda, dengan tingkat tinggi 30–45 menit setelah bangun dan perlahan menurun sepanjang hari.

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan kadar kortisol. Peningkatan kadar kortisol dalam waktu lama dapat merusak sistem kekebalan tubuh Anda, menyebabkan masalah kesehatan. Karena itu, Anda disarankan minum kopi pada pertengahan hingga akhir pagi ketika tingkat kortisol Anda lebih rendah.

Editor : Norman Octavianus

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut