get app
inews
Aa Read Next : 2 Oknum PPK Diduga Terafiliasi Parpol dan Ujaran Kebencian, Ini Keterangan Ketua KPU Minahasa

10 Manfaat Kafein bagi Kesehatan, No 5 Tidak Diduga

Senin, 09 Oktober 2023 | 18:51 WIB
header img
Manfaat kafein bagi kesehatan yang wajib diketahui. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Manfaat kafein bagi kesehatan akan diulas dalam artikel kali ini. 

Kafein atau caffeine adalah zat yang digunakan untuk meredakan rasa kantuk, sehingga seseorang dapat tetap terjaga. Selain itu, kafein juga sering ditemukan di dalam obat untuk meredakan migrain. Walaupun dapat mengurangi rasa kantuk, perlu diingat bahwa kafein tidak bisa menggantikan waktu tidur yang hilang.

Kafein adalah zat alami yang terkandung di dalam tanaman teh, kopi, dan kakao. Setelah dikonsumsi, kafein akan diserap ke aliran darah dan dibawa ke hati untuk dipecah menjadi senyawa yang bisa memengaruhi fungsi berbagai organ.

Tanpa disadari, Anda mungkin telah mengonsumsi kafein setiap hari. Kopi dan teh adalah 2 jenis minuman berkafein yang paling populer di masyarakat.

Tak hanya nikmat, kedua minuman tersebut juga bisa membawa manfaat bagi kesehatan.

Selain itu, jika digunakan dalam dosis yang berlebihan, kafein bisa menyebabkan efek samping tertentu, seperti; Muntah yang berat, Diare yang tidak kunjung mereda, Nyeri dada, Pusing yang berat, Tremor, Dehidrasi, Detak jantung terasa cepat atau tidak teratur, Palpitasi atau jantung berdebar dan Tekanan darah meningkat. 

Untuk lebih lanjut, ini 10 manfaat kafein bagi kesehatan dirangkum Senin (9/10/2023). 

 

1. Turunkan Berat Badan 

Manfaat kafein bagi kesehatan yang pertama adalah bisa menurunkan berat badan. Penelitian mengungkap bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran kalori dan lemak. 

 

2. Tingkatkan Fokus

Manfaat kafein berikutnya adalah meningkatkan fokus. Mengonsumsi kafein bisa membuat seseorang merasa lebih berenergi dan bersemangat dalam bekerja.

 

3. Cegah Serangan Jantung

Kafein juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya serangan jantung. Kandungan klorogenat pada kafein dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung, termasuk penyakit lain yang masih berhubungan, seperti obesitas dan diabetes tipe 2.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut