get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Sulut Bakal Merelokasi Warga Dua Desa di Kaki Gunung Ruang

Gunung Karangetang Luncurkan Awan Panas, Normans Luntungan Minta Warga Siau Waspada

Rabu, 12 Juli 2023 | 15:15 WIB
header img
Normans Luntungan meminta warga untuk mewaspadai dampak guguran lava dan awan panas guguran dari Gunung Karangetang (Foto iNewsManado/Subhan)

SITARO, iNewsManado.com - Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Provinsi Sulawesi Utara meluncurkan awan panas guguran sejauh dua kilometer pada Senin (10/7/2023) pagi.

Awan panas guguran dari Gunung Karangetang meluncur ke sektor tenggara, arah Kali Kahetang. Akibatnya belasan warga di sekitar gunung diarahkan untuk mengungsi di Gereja Tampuna, Kampung Bolo, Kelurahan Tarorane, Kecamatan Siau Timur, Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Diketahui, ada sebanyak 17 warga atau sembilan kepala keluarga Dusun Bolo, Kelurahan Tarorane, Kecamatan Siau Timur, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut, diungsikan akibat awan panas guguran Gunung Karangetang.

Wakil Ketua DPW Partai Perindo Sulut, Normans Luntungan yang juga warga Siau mengatakan warga yang mengungsi sekarang ini sementara dalam penanganan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro.

"Warga Dusun Bolo yang diungsikan tersebut permukimannya sangat dekat dengan titik luncuran awan panas guguran. Karena itu langkah yang diambil pemerintah bersama dengan instansi terkait lainnya dalam melakukan evakuasi warga sangatlah tepat," ujar Normans, Rabu (12/7/2023).

Normans juga berharap, warga tetap mengikuti instruksi dari pemerintah untuk tidak kembali sementara waktu ke dusun tersebut sebelum dipastikan aman.

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut