get app
inews
Aa Read Next : Lengkapi Kebutuhan Air Minum Keluarga, 2 Produk Berkualitas Modena Kini Hadir di Manado

Pemprov Sulut Bakal Merelokasi Warga Dua Desa di Kaki Gunung Ruang

Kamis, 02 Mei 2024 | 17:21 WIB
header img
Rapat Koordinasi Penanganan Bencana Erupsi Gunung Ruang yang dipimpin oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) rencananya bakal merelokasi dua Desa di kaki Gunung Ruang yang terdampak paling parah dari erupsi gunung dengan ketinggian 725 meter di atas pemukaan laut itu. 

Diketahui, dua Desa yang terdampak paling parah yakni Desa Laingpatehi dan Desa Pumpente, keduanya di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro. Warga di dua Desa tersebut rencananya bakal direlokasi.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam Rapat Koordinasi Penanganan Bencana Erupsi Gunung Ruang yang dipimpin oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Kamis (2/5/2024).

"Dua kampung yang ada di gunung ruang, sudah menjadi keputusan saya kira daerah itu harus kita dikosongkan, artinya tidak lagi menjadi tinggal. Beberapa hari lalu saya sudah kooordinasi dengan pemerintah pusat, dan mereka sepakat untuk kita lakukan pemindahan untuk dua desa yang ada di gunung ruang di relokasi," kata Gubernur Olly.

Pemprov Sulut saat ini kata Gubernur Olly sudah berupaya mencari tempat relokasi. Ada 2 tempat yang dipilih, yakni di Likupang dan di Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Di Bolsel, lokasi yang dipilih berbatasan dengan Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yakni Desa Modisi, Kecamatan Pinolosian Timur, Kabupaten Bolsel, Desa tersebut kebanyakan di huni oleh warga Siau.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut