get app
inews
Aa Read Next : Bersama Para PJU Polda Sulut, Kapolda Patroli Kamtibmas ke Tagulandang Pasca Erupsi Gunung Ruang

Dampak Abu Vulkanik, Sekolah di Manado dan Minahasa Utara Diliburkan Sampai Situasi Kondusif

Rabu, 01 Mei 2024 | 11:04 WIB
header img
Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Steve H. A Kepel (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.id - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara (Sulut), Steve H. A Kepel mengeluarkan surat pemberitahuan kepada Walikota Manado dan Bupati Minahasa Utara (Minut) terkait pemberitahuan libur sekolah akibat dari dampak abu vulkanik Gunung Ruang.

Proses kegiatan belajar mengajar di Sekolah yang ada di Manado dan Minut diliburkan sementara akibat dampak dari erupsi gunung ruang yang kembali meletus pada Selasa (30/4/2024) pukul 02.35 Wita. Pemberitahuan libur sekolah itu tertuang dalam surat pemberitahuan nomor 360/24.3018/SEKR- tertanggal 30 April 2024.

"Surat tersebut menyampaikan bahwa berdasarkan surat Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Nomor: /GL.03/BGV/2024 tanggal 30 April 2024 perihal penyampaian kenaikan tingkat aktivitas gunung ruang, status gunung ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dinaikkan dari level III (Siaga) menjadi level IV (Awas) seiring dengan erupsi yang terjadi pada tanggal 30 April 2024 pukul 01.15 Wita," tutur Sekdaprov Sulut, Steve H. A Kepel, Rabu (1/5/2024).

Bahwa akibat dari erupsi dimaksud, abu vulkanik dari gunung ruang telah menyebar ke seputaran daerah Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara.

"Sehubungan dengan hal tersebut, untuk mengurangi dampak abu vulkanik dimaksud, khususnya bagi kesehatan para peserta didik, maka dimintakan kepada saudara untuk meliburkan sementara kegiatan belajar mengajar sekolah di wilayah masing masing sampai dengan kondisi kembali kondusif dan memungkinkan dilaksanakannya kegiatan belajar mengajar," ujar Kepel.

Diketahui, Gunung Ruang pertama kali erupsi pada Selasa (16/4/2024) malam. Sekira seminggu terhenti, Gunungapi stratovolcano Tipe-A dengan ketinggian 725 meter di atas pemukaan laut ini kembali erupsi pada Selasa (30/4/2024).

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut