get app
inews
Aa Read Next : 55 Ucapan Selamat Natal Penuh Makna, Cocok Dibagikan di WA dan Medsos

Seleksi Calon Paskibraka Sulut Resmi Ditutup, Utusan Manado dan Sangihe Bertugas di Istana Negara

Selasa, 23 Mei 2023 | 07:27 WIB
header img
Lima besar Calon Paskibraka Sulut foto bersama orang tua masing-masing dan Kaban Kesbangpol Sulut Ferry Sangian (Foto : Istimewa)

MANADO, iNewsManado.com - Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) resmi ditutup pada Sabtu malam. 

Proses seleksi yang berlangsung selama enam hari itu melibatkan sejumlah tim penilai pusat dari Badan Pembinaan Idelogi Pancasila (BPIP) dan Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI).

Sementara untuk di tingkat lokal, Tim Penilai dari pemerintah provinsi Sulut, dalam hal ini Kepala Badan Kesbang Pol Sulut, Ferry Sangian.

Selama enam hari, 32 calon paskibraka (capas) Provinsi Sulut ini menjalani berbagai tes berupa tes kesehatan, samapta, PBB, intelegensia, psikotes, wawancara dan pantukhir. 


Pasangan Paskibraka Sulut yang akan bertugas di Istana Negara nanti (Foto : Istimewa)

Setelah melakukan rangkaian tes tersebut, tim penilai di rekapitulasi dari hasil tes yang di pegang masing masing penilai, yakni 40 persen dari tim pusat dan 60 persen dari Pemerintah Provinsi Sulut 

Rangkaian penutupan kegiatan seleksi calon paskibraka provinsi Sulut di mulai sekitar pukul 21.00 WITA, Sabtu (20/5/2023), dengan pembacaan 5 nama yang masuk dalam Top Five ( Lima besar) oleh Kabid Ideologi wawasan kebangsaan dan karakter bangsa Kesbang Pol Sulut, Hendra Tambajong.

Kegiatan ini di tutup Kepala Badan KesbangPol Sulut, Ferry Sangian dan di dampingi, Dede Sutrisna -DPPI Pusat, Stefie Laimeheriwa dan Rizky Kurniyanto dari BPIP. 

Kaban Kesbang Pol Sulut, Ferry Sangian mengatakan dari 32 nama yang mengikuti seleksi Paskibraka Provinsi Sulut, satu pasang dengan nilai ter tinggi atas nama (Putri) Kezia Ziva Varzea Kamu (15) utusan Kota Manado asal sekolah SMA Rex Mundi Manado dengan total nilai 91. 

"Sementara putra atas nama Nathaniel Shawan Edgar Sondakh (15) utusan Kab Kapulauan Sangihe, asal sekolah SMA Lentera Harapan Sangihe dengan total nilai 89,67," kata Ferry Sangian, Senin (22/5/2023).

Menyusul di peringkat ke dua sekaligus sebagai cadangan Capas Nasional. Putra, Gherald Giovanny Marcello Sumual (16) utusan kota Manado berasal dari sekolah SMA Negeri 9 Binsus dengan total nilai 87,89. Dan Putri, Gabriela Monique Martaoli (16) dari SMA Negeri 1 Amurang utusan Kab Minahasa Selatan. Total nilai 88,78.

Di ikuti ranking 3, Putri atas nama Raurensia Aurelia Manoppo (14) asal sekolah Manado Independen School (MIS) utusan Kab MInahasa Utara dengan total nilai 83.22. Putra, Muhammad Axel Saputra Danga (16) asal sekolah SMA Negeri 2 Manado utusan Kota Manado total nilai 86.67.


Lima Besar Putra Paskibraka Sulut termasuk utusan nasional (Foto : Istimewa)

Ranking 4, Putri atas nama Gistrela Auwdrelysta Quenisha Andih (14) asal sekolah SMA Negeri 1 Manado utusan Kota Manado total nilai 83.22. Putra di ranking 4, Timothy Ervo Hendrik Junior Manueke (15). Asal sekolah SMA Unklab Airmadidi total nilai 83.78.

Ranking 5, Putri Jerrine Praise Mailoa (15) asal sekolah SMA Lentera Harapan Tomohon utusan Kota Tomohon total nilai 82.22. Putra, Havier Dirga Lakuhati ( 15 ) asal sekolah, SMA Negeri 2 Siau Timur utusan Kab Kep Sitaro total nilai 81.11. 

"Satu pasang utusan Provinsi Sulawesi Utara yang akan bertugas di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus mendatang, akan menjalani masa karantina di Perkemahan Cibubur- Jakarta, pada pertengahan bulan Juli 2023," kata Ferry.

Lebih lanjut Ferry Sangian menyampaikan bahwa sistem penilaian seleksi capas tahun ini sudah menggunakan sistem database online, sehingga hasil penilaian bisa langsung dilihat oleh masing masing peserta melalui akun yang hanya dimiliki setiap peserta. 

"Hasil nya transparan. Sistem ini juga menghindari adanya sistem calo dalam proses seleksi capas yang di mulai dari tingkat kota dan kabupaten," pungkasnya.

Berikut nama nama 32 Capas utusan dari masing masing Kota dan Kabupaten yang dikirim ke Provinsi Sulawesi Utara:


Lima besar Purri Paskibraka Sulut termasuk satu utusan nasional (Foto : Istimewa)

Kota Manado:

1. Muhammad Axel Saputra (Putra)

2. Kezia Ziva Varzea Kamu. SMA (Putri) 

3. Gherald Giovanny Marcello Sumual. (Putra)

4. Gistrela Auwdrelysta Quenisha Andih. (Putri)

Kota Bitung :

1. Christonael WL Masindele

2. Elis Tria Sarendeng

Kota Tomohon:

1. Stevanya Palit 

2. Jerrine Praise Mailoa. 

Kabupaten Minahasa:

1. Abraham Lumingkewas

2. Virginia Kusdiantu

Kabupaten Minahasa Selatan:

1. Alvaroh Javier Wongkar

2. Gabriela Monique Martaoli

Kabupaten Minahasa Utara

1. Timothy EHJ Manueke

2. Raurensia Manoppo

Kabupetan Minahasa Tenggara:

1. Geofani Yohanes Supit 

2. Keyziany Panekenan

Kabupetan Kep Sangihe :

1. Nathaniel Shawn Edgar Sondakh 

2. Kezia CD Rantung

Kabupaten Kep Talaud

1. Caludio Oktafianus Bungkuran

2. Cellya GA Tawaang 

Kabupaten Kep Sitaro

1. Havier P Lakuhati

2. Sulisti Rondonuwu 

Kota Kotamobagu :

1. Muh Rasya Mokoginta 

2. Naila Azhara Potabuga

Kabupaten Bolangmongondow:

1. Farhan W Boham

2. Florencia L Tarumingkeng 

Kabupaten Bolmong Selatan:

1. Rahmat Toi

2. Bunga Lasabuda

Kabupaten Bolmong Utara:

1. Virad VM Montu 

2. Rina Afia Buhang

Kabupaten Bolmong Timur:

1. Rafli Olii

2. Alini Shafa Chalista

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut