Ini Fakta Pernyataan Luhut Sebut Susah Jadi Presiden Kalau Bukan Orang Jawa

Fabyan Ilat
.
Jum'at, 23 September 2022 | 20:29 WIB
Luhut Pandjaitan sebut susah jadi presiden kalau bukan orang Jawa. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.com - Pernyataan Luhut Pandjaitan yang menyebut orang luar Jawa susah jadi presiden, bukan asal. Sederet fakta sejarah seakan mengakui pernyataan Luhut tersebut ketika diwawancarai Rocky Gerung dalam Channel Youtube RGTV, Selasa (20/9/2022) lalu. 

Dalam pertemuan itu, Luhut Pandjaitan menyentil soal orang-orang berusaha menjadi presiden. Menurutnya, apa hanya dengan menjadi presiden untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

Kemudian, Luhut Pandjaitan menyatakan kalau kau bukan orang Jawa, tidak usah memaksakan diri dalam kontestasi Pilpres. Dia pun sempat membandingkan dirinya sendiri dalam pertemuan bersama Rocky Gerung tersebut. 

"Saya double minoritas. Saya sudah Batak, Kristen lagi. Jadi saya bilang, ya sudah cukup itu. Kita harus tahu. Kenapa saya menyakiti hati sendiri?" kata Luhut Pandjaitan dilansir SINDOnews, Jumat (23/9/2022). 

Membedah pernyataan Luhut Pandjaitan dengan sejarah bangsa Indonesia, memang dalam masa pemerintahan 7 Presiden di Indonesia, didominasi figur dari Pulau Jawa. 

Berikut deretan fakta figur Presiden di Indonesia dan asal daerahnya dirangkum iNewsManado dari berbagai sumber: 

 

1. Soekarno

Presiden RI pertama Soekarno memimpin Indonesia sejak 1945-1967. Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Blitar, Jawa Timur.

 

2. Soeharto

Presiden RI ke 2 ini memerintah di Indonesia yang paling lama hampir 32 tahun. Soeharto memimpin Indonesia sejak 1967-1998. Soeharto merupakan orang Jawa kelahiran Argomulyo, Yogyakarta pada 8 Juni 1921.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini