Logo Network
Network

Pembelian Pertalite dan Solar Bersubsidi Dibuat Tiga Opsi, Ini Penjelasan Kementerian ESDM

Rizky Fauzan
.
Selasa, 20 September 2022 | 12:47 WIB
Pembelian Pertalite dan Solar Bersubsidi Dibuat Tiga Opsi, Ini Penjelasan Kementerian ESDM
Pembatasan pembelian Pertalite dan Solar akan diberlakukan di SPBU se Indonesia. Foto/DOK.iNews.id

JAKARTA, iNewsManado.com - Pemerintah sedang menyiapkan tiga langkah pembelian Pertalite dan Solar bersubsidi. 

Saat ini, ujicoba sedang dilakukan lewat pengisian digital dan penggunaan aplikasi MyPertamina.

Hal ini dilakukan, agar ketersediaan Pertalite dan Solar bersubsidi bisa dinikmati semua warga di Indonesia tanpa ada yang memonopoli pembelian. 

Dilansir SINDOnews, Kmenterian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih mematangkan rencana pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan solar subsidi. 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, terdapat tiga opsi yang disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait upaya pembatasan pembelian BBM tersebut. Hanya saja, Jokowi belum juga mengambil keputusan definit ihwal usulan tersebut.

 "Ini inisiatifnya dari Pertamina, semuanya sudah disiapkan, ada beberapa opsi yang tinggal dipilih saja,” kata Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, dikutip Selasa (20/9/2022). 

 Dia menuturkan, PT Pertamina (Persero) sudah mulai menguji coba sejumlah skenario pembatasan pembelian BBM bersubsidi itu lewat digitalisasi SPBU dan aplikasi verifikasi MyPertamina. "Itu sudah mulai dan ini kan baru mulai, tinggal kita tunggu,” tukasnya. 

Follow Berita iNews Manado di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini