get app
inews
Aa Read Next : Nestle Indonesia Perkuat Kolaborasi dengan FOI Demi Ciptakan Generasi yang Lebih Sehat

Pengusaha di Indonesia Setuju BBM Naik, Ketua Kadin Jakarta: Seharusnya (BBM) Dinaikkan

Senin, 29 Agustus 2022 | 10:26 WIB
header img
Pengusaha setuju BBM naik. Foto/MNC Media

JAKARTA, iNewsManado.com - Polemik kenaikan harga BBM terus terjadi. Terbaru, kalangan pengusaha disebut setuju agar BBM naik

Hal itu disampaikan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DKI Jakarta, Diana Dewi mengatakan, bahwa harga BBM (Bahan Bakar Minyak) memang seharusnya dinaikkan karena pendistribusian subsidi sudah mulai membengkak. 

Sementara itu pemerintah terus menghitung secara cermat soal perlu tidaknya kenaikan harga BBM dalam waktu dekat. Masalah ini tidak bisa ditunda karena subsidi BBM dalam APBN diingatkan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) akan jebol di Oktober 2022. 

Ketua Kadin Jakarta menjelaskan, sebenarnya pemerintah harus melakukan pendistribusian subsidi yang tepat sasaran dan jumlah yang mencukupi. Sehingga nanti subsidi BBM walaupun dinaikan tetap seimbang. 

"Karena memang harus dinaikan sih kalau bicara mengenai subsidi yang sudah terlalu besar. Kalau kita lihat memang bahwa subsidi BBM itu sudah di luar batas, tapi kita berharap bahwa memang seharusnya apa yang disubsidikan pada masyarakat itu tepat," kata Diana di Jakarta, Minggu (28/8). 

Dia pun mengungkap para Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) dan pelaku industri akan terkena dampak yang lebih berat dan kesulitan karena akan mengaju kepada Harga Pokok Penjualan (HPP). 

Oleh karena itu, Kadin pun memberikan masukan kepada pemerintah untuk bisa memberikan subsidi yang lain kepada para UMKM sehingga harga tidak terlalu tinggi. 

"Dari industri juga akan berpengaruh. UMKM dan industri dengan kenaikan harga BBM pasti akan ada kenaikan membuat produksitivitas kita terganggu," jelasnya. 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut