Wajib Tahu! Ini 5 Penemuan Harta Karun Terbesar di Dunia

Ikhsan Permana SP
Ilustrasi harta karun. (F: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Harta karun jadi sesuatu yang menarik dibahas. Harta karun jadi buruan sejumlah kalangan diberbagai pelosok dunia termasuk di Indonesia.

Harta karun oleh sejumlah kalangan ada dan terdapat di sejumlah tempat dengan mengacu peristiwa sejarah maupun cerita masa lalu. 

Di dunia ada penemuan harta karun bersejarah yang pernah terjadi. Ada 5 penemuan harta karun paling bersejarah secara tak disengaja yang menarik untuk disimak. Pasalnya, harta karun itu bukan ditemukan oleh arkeolog, melainkan orang biasa bahkan hewan peliharaan. 

Keberadaan harta karun menjadi salah satu misteri dunia yang kerap menimbulkan rasa penasaran. Tak sedikit arkeolog bahkan pemburu harta karun yang melakukan penelitian dan pencarian karena meyakini harta karun bersejaran bukan sekadar dongeng.

Harta karun adalah kekayaan yang selalu digambarkan berbentuk tumpukan koin emas, perhiasan, dan benda-benda berharga dari masa lampau. Namun ada juga harta karun yang mengandung nilai sejarah tinggi untuk sebuah bangsa maupun peradaban.

Seorang arkeolog biasanya membutuhkan waktu hingga puluhan tahun untuk menemukan sebuah harta karun, namun ternyata ada juga orang-orang di dunia ini yang sangat beruntung, mereka dengan tidak sengaja menemukan sebuah peninggalan yang bernilai sejarah tinggi.

 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 penemuan harta karun bersejarah secara tak disengaja:

 

1. Terra Cotta Army (China)

Pada tahun 1974, ada sekelompok petani Cina yang kebetulan menemukan salah satu harta karun terbesar dalam sejarah China, yaitu makam kaisar pertama Dinasti Qin. 

Tujuh orang petani sedang menggali sumur di dekat kota Xian ketika salah satu sekop milik petani bernama Yang Zhifa mengenai kepala patung yang terkubur.

Mereka awalnya mengira telah menemukan patung perunggu atau patung Buddha kuno, tetapi ketika para arkeolog melakukan penggalian lebih lanjut, yang mereka temukan itu adalah salah satu dari sekitar 7.000 tentara Terra Cotta seukuran manusia.

Dilansir World History, Terakota Army adalah patung tanah liat yang terdiri dari 7.000 patung prajurit, 600 kuda, dan 100 kereta. 

Patung-patung ini merupakan bagian dari makam Shi Huangdi, penguasa pertama Kekaisaran Tiongkok yang juga merupakan pendiri Dinasti Qin. Memerintah tahun 221 SM hingga 210 SM, ia dikenal sebagai kaisar lalim yang terobsesi pada keabadian.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network