Tol Manado-Bitung Tuntas Akhir Tahun

Fabyan Ilat
Pintu Tol Manado-Bitung. (Istimewa)

MANADO, iNews.id – Tol Manado Bitung terus dipush penyelesaiannya. Terbaru, pemerintah merilis 208 proyek infrastruktur yang masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) tahun 2021. Dalam daftar tersebut, ada 56 jalan yang pengerjaannya akan dikebut tahun ini. Terdiri dari 55 jalan tol dan satu jalan akses ke Pelabuhan Tanjung Priuk Timur Baru. Dari 55 jalan tol yang masuk PSN, salah satunya jalan tol Manado Bitung.

Disadur dari berbagai sumber, jumlah proyek jalan tol yang masuk PSN 2021 lebih banyak dibandingkan pada tahun 2020, yakni 54 jalan. Namun jumlah itu kalah dalam daftar PSN 2018 yang menyentuh angkat 64 jalan tol dan empat jalan strategis. Pada 2017, ada 69 jalan told an lima jalan strategis masuk dalam daftar PSN 2017.

Sebagian besar jalan yang masuk daftar PSN 2021 merupakan proyek lama yang sudah masuk PSN 2017, 2018, 2019 hingga 2020; diantaranya, Jalan Tol Serang-Panimbang di Provinsi Banten, Jalan Tol Pandean-Malang di Jawa Timur, Jalan Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara serta Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantan Timur.

Berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomo 7 Tahun 2021 tentang perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional, daftar PSN untuk jalan tol didominasi ruas jalan tol Trans Sumatera, yakni 18 unit.

Sebagai referensi,  Jalan Tol Manado-Bitung memiliki panjang 39,90km dengan total investasi mencapai Rp 5,120 Triliun. Jalan tol ini menghubungkan dua kota terbesar di Sulawesi Utara, yakni Manado dan Bitung. Proyek ini dibagi menjadi dua tahap yakni (1) Seksi 1: Manado – Airmadidi dan (2) Seksi 2: Airmadidi – Bitung. Proyek ini diharapkan mendukung peningkatan lalu lintas pada rute Manado – Bitung, mendukung sektor wisata serta pertumbuhan ekonomi di Manado, Minahasa Utara dan Bitung. Jalan tol ini juga akan menjadi jalan akses utama ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Pelabuhan Hub Internasional Bitung yang akan dibangun.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network