Ini Sejarah Penggunaan Setir Kiri dan Kanan pada Mobil

EDRA
Ilustrasi (istimewa)

Beberapa orang mungkin menganggap hal biasa yang tak perlu diperbandingkan. Tapi tahukah anda, kenapa ada perbedaan penggunaan setir di mobil pada beberapa negara?

Ada beberapa yang memposisikan setir di sebelah kanan, ada pula yang memposisikan di sebelah kiri. Beberapa negara yang menggunakan aturan setir kanan antara lain Indonesia, Inggris, Australia, Jepang, Singapura, Malaysia.

Sementara negara yang menganut aturan setir kiri antara lain di beberapa wilayah Amerika, Tiongkok, dan mayoritas negara Eropa kecuali Inggris.

Sejarahnya, dikutip dari berbagai sumber, dahulu semasa perang, ksatria di Kerajaan Inggris memiliki kebiasaan menggunakan kereta perang. Saat berperang, mereka beradu pedang dengan musuhnya yang berada di sebelah kanan. Hal ini karena biasanya orang menggenggam pedang menggunakan tangan kanan.

Kemudian kebiasaan ini pun juga berimbas hingga sekarang, di mana posisi setir letaknya di sebelah kanan. Negara-negara di Asia Tenggara kebanyakan menggunakan setir kanan karena sebagian besar pernah dijajah Inggris. Letak setir mobil di Indonesia juga berada di sebelah kanan karena waktu itu Belanda yang menjajah Indonesia juga menggunakan setir kanan.

Namun setelah Belanda dikalahkan Perancis, letak setir mobil di Belanda pun mengikuti kebiasaan di Perancis, yaitu di sebelah kiri.

Sedangkan posisi setir di sebelah kiri berawal pada akhir 1700-an, di mana kusir di Perancis dan Amerika Serikat mengangkut hasil pertanian menggunakan kereta kuda. Kereta kuda itu tidak memiliki kursi pengemudi, sehingga kusir yang mengemudikan duduk di bagian belakang, di sebelah kiri kuda.

Tujuannya adalah agar tangannya tetap bisa digunakan untuk mencambuk kuda. Secara otomatis, kusir yang duduk di sebelah kiri menginginkan orang lain untuk lewat di sebelah kiri juga. Itu sebabnya mobil dan kendaraan lain di sana sampai sekarang tetap menggunakan setir di sisi kiri.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network