Diduga Kena Hepatitis Misterius, Bayi 2 Bulan di Sumbar Meninggal Dunia

Rus Akbar
Ilustrasi bayi. (F: Istimewa)

PADANG, iNews.id – Hepatitis misterius mulai mengancam Indonesia. Setelah 3 kasus kematian anak di Jakarta diduga akibat penyakit tersebut, kini muncul kasus baru di Sumatera Barat.

BACA JUGA: Ferdinand Marcos Jr Terpilih Jadi Presiden Filipina

Informasi diperoleh, seorang bayi berumur 1 bulan 29 hari di RS Hermina meninggal diduga kena hepatitis misterius.

Bayi tersebut meninggal 2 Mei 2022 setelah dirawat di rumah sakit. Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Lila Yanwar Itu rujukan dari Puskesmas, kemudian dirawat di Rumah Sakit Solok, lalu dirujuk lagi ke RS Hermina.

BACA JUGA: Pilpres 2024: Duet Maut Anies Baswedan-Ridwan Kamil Diyakini Mampu Menang di Pemilu

“Tapi ini kasus suspek, ya. Baru diduga tapi perlu diwaspadai. Ada pemeriksaan lain yang harus dilakukan, tapi anaknya keburu meninggal. Dan pemeriksaan itu baru kita dapat dari Ikatan Dokter Anak Indonesia baru beberapa hari lalu,” katanya, Selasa (10/5/2022) Lila menambahkan bayi tersebut diduga meninggal karena hepatitis misterius pasalnya gejalanya mirip dengan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya itu.

“Gejalanya mirip dengan hepatitis unknown etiology itu. Dia seperti hepatitis A. Tapi ternyata tidak cocok pemeriksaan laboratoriumnya dengan hepatitis A sehingga kita menyebutnya sebagai hepatitis unknown etiology,” terangnya.

Kata Lila, gejala hepatitis misterius tersebut berupa penyakit kuning, demam, gangguan pencernaan, diare, dan berakhir dengan perdarahan saluran cerna, selain itu ada gangguan hati yang terjadi dalam waktu yang cepat.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network