Perbaharui Kesalahan Data, WHO Klaim Kematian Covid-19 Hampir 15 Juta Jiwa

Tim iNewsManado
Ilustrasi Covid-19. (F: Shutterstock)

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan data terbaru terkait kematian akibat pandemi Covid-19 di dunia.

WHO mengklaim jumlah kematian mencapai hampir 15 juta orang dilansir The Independent, Jumat (6/5/2022).

BACA JUGA: Viral! Justin Bieber Dilarang Beli Ferrari, Alasannya Mengejutkan

Perkiraan dari WHO menunjukkan bahwa jumlah kematian berlebih yang terkait langsung atau tidak langsung dengan pandemi antara 1 Januari 2020 dan 31 Desember 2021 adalah sekitar 14,9 juta – 13 persen lebih banyak kematian daripada yang biasanya diperkirakan selama periode dua tahun.

Kelebihan kematian dihitung sebagai perbedaan antara jumlah kematian yang telah terjadi dan jumlah yang diharapkan tanpa adanya pandemi, berdasarkan data dari tahun-tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Kisah Tyson Fury, Raja Tinju yang Religius

Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan: “Data serius ini tidak hanya menunjukkan dampak pandemi tetapi juga kebutuhan semua negara untuk berinvestasi dalam sistem kesehatan yang lebih tangguh yang dapat mempertahankan layanan kesehatan esensial selama krisis, termasuk informasi kesehatan yang lebih kuat. sistem.

“WHO berkomitmen untuk bekerja dengan semua negara untuk memperkuat sistem informasi kesehatan mereka guna menghasilkan data yang lebih baik untuk keputusan yang lebih baik dan hasil yang lebih baik.”

Sebagian besar kematian berlebih (84 persen) terkonsentrasi di Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika, kata WHO, sementara sekitar 68 persen kematian berlebih terkonsentrasi hanya di 10 negara secara global.

Juga ditemukan bahwa negara-negara berpenghasilan menengah menyumbang 81 persen dari 14,9 juta kematian berlebih (53 persen di negara-negara berpenghasilan menengah-bawah dan 28 persen di negara-negara berpenghasilan menengah-atas) selama periode 24 bulan, dengan negara berpenghasilan tinggi dan berpenghasilan rendah masing-masing menyumbang 15 persen dan 4 persen, masing-masing.

Angka kematian global juga terungkap lebih tinggi di antara pria (57 persen) daripada wanita (43 persen), dan lebih tinggi di antara orang dewasa yang lebih tua.

“Pengukuran kematian berlebih merupakan komponen penting untuk memahami dampak pandemi,” kata Dr Samira Asma, asisten direktur jenderal untuk data, analitik, dan pengiriman di WHO.

“Pergeseran tren kematian memberikan informasi kepada pembuat keputusan untuk memandu kebijakan untuk mengurangi kematian dan secara efektif mencegah krisis di masa depan.

“Karena investasi terbatas dalam sistem data di banyak negara, tingkat sebenarnya dari kelebihan kematian seringkali tetap tersembunyi.

“Perkiraan baru ini menggunakan data terbaik yang tersedia dan telah diproduksi menggunakan metodologi yang kuat dan pendekatan yang sepenuhnya transparan.”

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network