Wajib Coba! Ini 5 Makanan Diet Bikin Kulit Bercahaya

Mutiah Nur Rahmah
Makanan yang bikin kulit bercahaya dan glowing, salah satunya pepaya. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id – Memiliki kulita glowing dan flawless adalah keinginan setiap orang. Tapi, perlu diketahui ada beberapa faktor yang bisa menghalangi seperti terik matahari, stres (baik emosional & fisiologis), hormon, dan bahkan polusi sehari-hari yang mencegah kulit untuk mencapai tingkat kesempurnaan yang diinginkan.

BACA JUGA: Cek Zodiak: Ini Ramalan Leo 6 April 2022

Ada banyak cara untuk mencapainya seperti perawatan kulit, penggunaan skincare yang rutin, pengobatan rumahan, dll. Tetapi tidak satupun hal tersebut akan membantu kecuali kesadaran dari diri sendiri untuk memulai makan makanan sehat.

Kebiasaan diet yang dilakukan akan memengaruhi kesehatan secara keseluruhan, kesehatan kulit sangat dipengaruhi apa yang dikonsumsi.

 

Melansir India.com, Rabu (6/4/2022) Berikut beberapa daftar makanan yang dapat membantu mendapatkan kulit bercahaya yang sempurna:

 

1. Protein dan Lemak

Ikan berlemak seperti Salmon, Ikan haring dan Ikan kembung  kaya akan asam lemak esensial seperti Asam Lemak Omega-3 dan Omega-6. Mereka memberikan gizi seimbang dari asam lemak ini yang membantu melawan kerusakan oksidatif dan peradangan. Asam lemak esensial ini membantu menjaga kulit tetap ternutrisi dan terhidrasi.

BACA JUGA: Cari Kepiting, Warga Minsel Hilang Misterius di Sungai Kakas

2. Kacang

Kenari adalah sumber asam lemak esensial bersama dengan mineral seperti Seng dan Selenium. Jadi, tidak hanya membantu melawan peradangan tetapi Zinc & Selenium membantu memperbaiki fungsi penghalang kulit. Mereka juga anti-inflamasi yang membantu dalam memerangi setiap perubahan inflamasi.

 

3. Sayuran

Brokoli bersama dengan sayuran lain seperti bayam merupakan sumber vitamin, mineral, dan karotenoid. Brokoli memiliki Vit A, Vit C & Zinc. Ini memiliki Lutein, karotenoid yang berfungsi mirip dengan Beta-karoten, membantu melawan kerusakan oksidatif dan menawarkan tabir surya alami. Brokoli juga memiliki Sulforaphane yang memiliki potensi efek anti-Kanker.

4. Buah-buahan

Anggur Merah dan berry merupakan sumber antioksidan yang baik, terutama Resveratrol yang membantu memperlambat proses penuaan kulit, mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang berbahaya. Inilah alasan mengapa orang mengatakan bahwa anggur merah sangat bagus untuk kulit yang sehat dan bercahaya.

 

5. Vitamin

Ubi Jalar, Wortel & Pepaya merupakan sumber yang kaya akan Karotenoid, terutama Beta-karoten. Karotenoid adalah tabir surya alami untuk kulit, memberikan Vitamin A dan potensi manfaat antioksidan. Makanan ini membantu menjaga kulit awet muda, bercahaya, mencegah segala jenis kulit terbakar sinar matahari, dan kulit kering & keriput.

Selain itu, Cara terbaik untuk mendapatkan kulit bercahaya dengan sedikit usaha dan waktu adalah dengan minum air putih. Minum lebih sedikit air dapat membuat kulit kurang terhidrasi, mengurangi tingkat oksigen pada kulit dan jaringan. Kulit tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa air. Saat kalian mengikuti tips ini secara serius, hindari makan makanan yang merusak sel-sel kulit kamu seperti Gula, dan makanan yang mengandung lemak trans.

Juga hindari minum Alkohol karena dapat membahayakan kulit dan kesehatan secara keseluruhan. Kita bisa dengan mudah merawatnya secara alami dan tanpa efek samping.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network