Ini 7 Tips Tingkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari

Nadhifah Qothrunnada
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Kualitas tidur di malam hari tentu jadi keinginan kebanyakan orang.  Dua pertiga orang di negara maju kerap gagal memenuhi kualitas tidur berdurasi  delapan jam sehari. Sebagian orang tidak menyadari bahaya jangka panjang yang akan dirasa ketika tidak mendapatkan waktu tidur yang direkomendasikan.

Tidur kurang dari enam atau tujuh jam setiap malam dapat menghancurkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko kanker, penyakit Alzheimer dan diabetes.

Durasi tidur yang pendek atau tidak sesuai akan meningkatkan kemungkinan penyumbatan arteri koroner dan akan membuat tubuh merasakan penyakit Kardiovaskular (CVD), stroke, dan gagal jantung kongestif.

Kualitas tidur sangat berperan penting bagi kesehatan dan kesejahteraan hidup. Dikutip dari India.com, berikut tips membantu meningkatkan kualitas tidur.

 

1. Tingkatkan Paparan Cahaya di Siang Hari

Tubuh manusia memiliki jam pengatur alami yang lebih dikenal dengan nama ritme Sirkadian. Hal ini sangat memengaruhi otak, tubuh, dan hormon, serta membantu tubuh tetap terjaga dan mengontrol waktu tidur.

Saat seseorang berada di sumber cahaya terang di siang hari, ritme Sirkandian tetap sehat dan meningkatkan kualitas serta durasi tidur pada malam hari.

Tak hanya itu, paparan cahaya terang di siang hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur bagi para pengidap insomnia dan membantu mereka tertidur lebih cepat.

 

2. Kurangi Asupan Kopi Sore Hari

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki banyak manfaat dan sangat disukai oleh beberapa orang. Namun, bila dikonsumsi pada sore hingga malam hari, akan mengakibatkan kesulitan tidur. Lantaran kafein dapat bertahan dalam darah selama hamper delapan jam.

 

3. Jangan Terlalu Banyak Tidur Siang

Tidur di siang hari dengan waktu singkat bermanfaat bagi tubuh.  Ketika tidur siang terlalu lama atau tidak teratur justru berdampak negatif pada siklus tidur seseorang.

Kondisi ini dapat mengacaukan siklus tubuh seseorang dan memengaruhi istirahat di malam hari.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network