Begini Tips Hemat Listrik Sehingga Tagihan tak Bengkak

Tim Okezone, Jurnalis
Ilustrasi token listrik. (Foto: MPI)

PEMBOROSAN Listrik sering jadi persoalan tersendiri dalam rumah. Biaya listrik yang berlebihan akan memengaruhi rancangan finansial menjadi berantakan. Untuk itu, harus menghemat listrik demi kenyamanan keuangan Anda dan keluarga.

Head of Merchandiser eMSHOP Khilqa Putri membagikan cara menghemat listrik.

 

Berikut cara yang dapat dilakukan untuk menghemat listrik:

 

1. Ubah tindakan yang dapat boros listrik

Menyalakan lampu sebagai penerang bagi rumah sangatlah penting, tetapi biasakan untuk tidak menyalakan lampu di siang hari. Sebab, lampu dapat membuat tagihan listrik membengkak jika tidak dipantau penggunaannya.

Selain itu, kebiasaan memakai alat penghangat air juga bisa membuat tagihan listrik membengkak. Oleh karena itu, biasakan untuk menurunkan suhu penghangat air dan matikan saat tidak digunakan.

"Ubah kebiasaan dengan mematikan lampu di siang hari dan menurunkan suhu penghangat air dapat menghemat tagihan listrik," ucap Khilqa, Kamis 10 Maret 2022.

 

2. Kontrol pemakaian, terutama AC

Salah satu sumber tagihan listrik terbanyak berasal dari penggunaan AC. Untuk menjaga suhu ruangan yang nyaman tidak harus selalu menggunakan AC, Anda bisa membuka tirai dan jendela untuk mengurangi pemakaian daya AC.

"Penggunaan AC di rumah jadi salah satu sumber tagihan listrik terbanyak, untuk itu lebih baik untuk membuka tirai saat merasa ruangan panas. Hal ini untuk menghemat biaya pemakaian listrik AC," ucap Khilqa.

Mengontrol pemakaian listrik sangatlah penting. Hal ini berguna agar siap sedia memeriksa daya bulanan dan tagihan untuk mengetahui berhasil atau tidaknya upaya penghematan yang telah dilakukan.

"Kontrol setiap bulan tagihan penggunaan listrik untuk mengetahui berhasilkah upaya penghematan yang dilakukan," ucap Khilqa.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network