67 Desa di Boltim Siap Menggelar Pemilihan Sangadi

Norman Octovianus
67 desa di Kabupaten Bolmong Timur akan menggelar pemilihan kepala desa. Ilustrasi/Istimewa

BOLTIM, iNewsManado.com – Sebanyak 67 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan segera melaksanakan Pemilihan Sangadi secara serentak.

Pemerintah Daerah telah menyiapkan anggaran untuk penyelenggaraan pemilihan ini, sesuai pernyataan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemkab Boltim, Hendra Tangel, SH, pada Selasa, 8 Oktober 2024.

“Tahapan untuk Pemilihan Sangadi sudah siap dari segi penganggaran, sehingga pelaksanaan bisa dilakukan dalam waktu dekat,” ungkap Tangel kepada wartawan.

Menurutnya, tahapan Pemilihan Sangadi (Pilsang) akan dimulai pada bulan Desember 2024, dengan harapan desa-desa yang saat ini dipimpin oleh 67 Pejabat Sementara (Pjs) sudah memiliki Sangadi definitif pada awal tahun 2025.

“Tahapan Pilsang akan dimulai pada akhir bulan Desember, dan pemilihannya sendiri akan dilaksanakan pada bulan Januari 2025 untuk 67 desa yang saat ini dipimpin oleh Pjs,” lanjutnya.

Hendra Tangel, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), menjelaskan bahwa telah dilakukan kajian menyeluruh mengenai tahapan pelaksanaan pemilihan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Pelaksanaan tahapan Pilsang ini sudah sesuai dengan kajian regulasi yang ada dan tetap menjadi kewenangan Bupati Dr. Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si,” jelasnya.

Lebih lanjut, Tangel menambahkan bahwa 14 desa yang saat ini memiliki Sangadi definitif akan dievaluasi oleh tim yang telah dibentuk. Sesuai dengan peraturan mengenai perpanjangan masa jabatan Sangadi yang belum habis saat regulasi terbaru diterapkan, pelaksanaan evaluasi ini akan dilakukan terlebih dahulu oleh tim kerja.

“Evaluasi untuk ke-14 Sangadi definitif akan dilakukan setelah tim yang terdiri dari Inspektorat, Badan Keuangan, dan PMD menyelesaikan tugas mereka,” tutup Tangel.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network