Pemprov Sulut Terbaik Pengelolaan Aset di Indonesia

Norman Octovianus
Olly Dondokambey, gubernur Sulut. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com – Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) menunjukkan perhatian yang besar dalam pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD). Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) juga mendorong pemerintah daerah di 15 kabupaten/kota di Sulut untuk membuat Indeks Pengelolaan Aset (IPA).

Dorongan ini mendapat apresiasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia. Apresiasi tersebut disampaikan oleh Direktur Penindakan dan Supervisi KPK RI, Irjen Didik Agung Widjanarko, saat membuka acara Asistensi Tata Cara Pengukuran Indeks Pengelolaan BMD Wilayah IV Tahun 2024, yang diselenggarakan oleh KPK RI pada 3-5 September 2024 di Kantor Walikota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Widjanarko mengapresiasi Pemprov Sulut sebagai satu-satunya pemerintah provinsi di Wilayah IV yang telah melakukan kegiatan asistensi Indeks Pengelolaan Aset kepada pemerintah kabupaten/kota di wilayahnya. "Untuk penilaian indeks pengelolaan BMD, Pemprov Sulut telah memperoleh nilai 3.01 atau kategori sangat baik," ujarnya. Widjanarko juga menambahkan bahwa hasil perhitungan dan bukti dokumen akan diaudit oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Tujuan dari asistensi ini adalah untuk melihat sejauh mana tingkat pengelolaan BMD di setiap pemerintah daerah. Widjanarko juga mengingatkan seluruh pemerintah daerah untuk mengoptimalkan pengelolaan BMD sesuai aturan, karena pengelolaan yang buruk sering menjadi titik rawan korupsi.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Steve Kepel, yang hadir dalam kegiatan ini, menegaskan bahwa penilaian IPA Tahun 2023 yang didapatkan oleh Pemprov Sulut merupakan prestasi yang membanggakan. "Hal ini tidak boleh membuat kita jumawa. Justru ini menjadi pemicu untuk membenahi hal-hal yang masih kurang dalam pengelolaan BMD di Pemprov Sulut," tegasnya.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen pemerintahan OD-SK, sebagaimana yang diungkapkan oleh Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, dalam rapat koordinasi perhitungan indeks pengelolaan BMD se-Sulut yang dilaksanakan di Ruang Mapalus pada bulan Juli 2024 lalu.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten Kesra Setdaprov Sulut yang juga Plt. Inspektur Daerah, Denny Mangala, Kepala BKAD Sulut, Clay Dondokambey, dan Auditor Ahli Utama, Praseno Hadi.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network