Pelatih Inggris Cemas Jelang Final Euro 2024, Ini Alasannya

Norman Octovianus
Pelatih Inggris Gareth Southgate cemas jelang Final Euro 2024. Foto/Istimewa

DORTMUND, iNewsManado.com – Gareth Southgate, pelatih Timnas Inggris, khawatir karena Spanyol dianggap lebih diuntungkan dalam final Euro 2024. Meski demikian, ia tetap optimis menghadapi tim asuhan Luis de la Fuente.

Inggris berhasil melaju ke final setelah meraih kemenangan dramatis 2-1 melawan Belanda dalam semifinal yang digelar di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, pada Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Gol pertama dicetak oleh Xavi Simons untuk Belanda pada menit ketujuh, namun Inggris bangkit dengan gol penalti Harry Kane (18’) dan gol tambahan dari Ollie Watkins pada menit ke-90+1.

Kemenangan ini memastikan langkah Inggris ke final Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, yang akan berlangsung pada Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

Timnas Spanyol sendiri berhasil lolos ke final setelah mengalahkan Prancis 2-1 pada Rabu (10/7/2024) dini hari WIB, memberikan mereka waktu istirahat lebih panjang dibandingkan Inggris.

Southgate menyadari bahwa kelebihan waktu istirahat ini merupakan faktor penting. “Hari tambahan istirahat bagi Spanyol menjadi perhatian. Dalam beberapa turnamen terakhir, hal ini menjadi masalah bagi para finalis. Kami harus melakukan yang terbaik untuk memulihkan kondisi pemain sebaik mungkin,” ujar Southgate yang dikutip dari Metro, Kamis (11/7/2024).

“Kami tidak akan berada di tempat latihan, itu jelas. Kami akan berjalan-jalan atau mengadakan rapat, seperti yang kami lakukan untuk pertandingan sebelumnya. Dengan apa yang telah kami tunjukkan sejauh ini, kami memiliki peluang yang sama besarnya dengan mereka,” tambahnya.

Ini adalah pertama kalinya Inggris melangkah ke final turnamen besar di luar negeri mereka sendiri, setelah dua kali tampil di final Piala Dunia 1966 dan Piala Eropa 2020 yang keduanya digelar di Stadion Wembley.

Inggris bertekad kuat meraih gelar pertama mereka di Euro, setelah hanya menjadi runner-up pada edisi 2020 lalu. Sementara itu, Spanyol mengincar gelar ketiga mereka di Eropa setelah memenangkannya pada edisi 2008 dan 2012.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network