Awas! Hujan Deras dan Badai Diprediksi Landa Asia hingga Agustus

Norman Octovianus
Cuaca buruk diprediksi akan terjadi di Indonesia hingga Agustus 2024. Foto/Istimewa

SINGAPURA, iNewsManado.com – Musim hujan tahunan di Asia Timur dan Asia Tenggara sedang berlangsung dan diperkirakan akan berlanjut hingga Agustus, membawa risiko banjir dan tanah longsor.

Badan Meteorologi Singapura memperingatkan bahwa badai di Sumatra dapat menyebabkan angin kencang dan hujan deras pada beberapa pagi hari, meskipun total curah hujan pada paruh pertama bulan ini kemungkinan tidak akan melebihi rata-rata.

Musim hujan dimulai pada Mei di Tiongkok timur, Taiwan, dan Okinawa Jepang, kemudian meluas ke seluruh wilayah pada pertengahan Juni hingga Agustus, termasuk Indonesia.

Hujan deras, banjir, dan tanah longsor diperkirakan dapat mengganggu bisnis, transportasi, dan layanan utilitas di seluruh Asia Timur.

Banjir bandang dan tanah longsor menjadi ancaman serius, terutama di daerah perbukitan dan pegunungan, serta bisa diperburuk oleh sistem tropis seperti badai.

Banjir lebih mungkin terjadi di dataran rendah dekat sungai besar seperti Yangtze, Yellow, Pearl di Tiongkok, Han dan Nakdong di Korea Selatan, dan Tone serta Kitakami di Jepang. Banjir dan tanah longsor dapat membuat jalan, jembatan, dan jalur kereta api tidak dapat dilalui, serta meningkatkan risiko penyakit yang ditularkan melalui air dan serangga.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network