Satu Kontainer Daging Ayam Tidak Layak Konsumsi Dimusnahkan Balai Karantina Sulawesi Utara

Subhan Sabu
Petugas Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan (Karantina) Sulawesi Utara melalui petugas Satuan Pelayanan Pelabuhan Bitung memusnahkan satu kontainer bahan asal hewan tidak layak konsumsi (Foto: Istimewa)

BITUNG, iNewsManado.id - Satu kontainer bahan asal hewan (BAH), yang tidak layak konsumsi dimusnahkan oleh Petugas Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan (Karantina) Sulawesi Utara melalui petugas Satuan Pelayanan Pelabuhan Bitung, bertempat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Aertembaga, Bitung, pada Jumat (3/5/2024).

Pemusnahan 15 ton daging ayam dilakukan dengan cara penghancuran. Kemudian pembakaran untuk mencegah penyebaran Hama dan Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dari produk hewan yang rusak atau busuk.

Ketua Tim Kerja Karantina Hewan, Setyawan Pamularsih menjelaskan bahwa komoditas tersebut diduga mengalami pembusukan. Penyebabnya karena gangguan mesin pendingin dalam kontainer selama pelayaran dari Surabaya, Jawa Timur menuju Bitung, Sulawesi Utara.  

"Saat pembongkaran kontainer di Pelabuhan Bitung, petugas Karantina melakukan tindakan pemeriksaan dan mendapati bau tidak sedap dari daging dalam kontainer disertai darah beku yang meleleh dari karung-karung daging," kata Setyawan Pamularsih, Sabtu (4/5/2024).

Pria yang akrab disapa Asih itu menerangkan bahwa warna dagingnya sudah berubah. Aromanya menyengat dan teksturnya sudah berlendir atau tidak normal.

"Sebelum dimusnahkan, petugas karantina telah melakukan pemeriksaan organoleptik dan pengambilan sampel untuk memastikan kondisi produk," tambahnya. 

Editor : Subhan Sabu

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network