Ini 10 Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi

Norman Octovianus/net_Manado
10 cara alami menurunkan kolesterol tinggi. Ilustrasi/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com – Cara alami menurunkan kolesterol tinggi jarang diketahui penderita. Biasanya, ketika kolesterol tinggi, penderita cenderung minum obat sesuai resep dokter.

Penyebab kolesterol tinggi diantaranya mengonsumsi makanan mengandung lemak jenuh adalah gorengan, es krim, udang, keju, jeroan, daging olahan, kulit ayam. Selain mengonsumsi makanan berlemak, pola hidup tak sehat seperti jarang olahraga dan merokok serta sering mengonsumsi minuman atau makanan manis juga bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi

Untuk mengetahui kolesterol tinggi, menurut penelitian, tanda  kolesterol tinggi sering kali mengeluhkan kaki terasa terbakar, rasa sakit pada paha dan betis.

 

10 Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi dirangkum berbagai sumber Jumat (10/5/2024).

1. Olahraga


Foto/Istimewa

Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi yang pertama adalah rutin berolahraga. Dengan olahraga dapat meningkatkan kolesterol baik.

Disarankan berolahraga minimal 30 menit per hari sebanyak lima kali dalam seminggu. Jenis olahraga yang disarankan berjalan kaki, berenang, atau bersepeda jarak dekat.

Jika mengidap penyakit lain, penderita sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai jenis olahraga yang cocok dilakukan. 

 

2. Stop Merokok


Ilustrasi/Istimewa

Berhentik merokok  adalah salah satu cara alami menurunkan kolesterol tinggi. Merokok dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh meningkat. Hal ini terjadi karena zat nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menghambat perjalanan kolesterol menuju hati untuk proses penyaringan. Akibatnya, kolesterol menumpuk di pembuluh darah, menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

3. Jaga Berat Badan 


Ilustrasi/Istimewa

Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi berikutnya adalah menjaga berat badan ideal. Kelebihan berat badan atau obesitas salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.  Berat badan yang ideal dapat membantu meningkatkan penyerapan kolesterol baik (HDL) dan mencegah penumpukan kolesterol jahat (LDL).

 

4. Konsumsi Serat


Foto/Istimewa

Cara alami menurunkan kolesterol tinggi selanjutnya adalah dengan perbanyak konsumsi makanan mengandung serat.

Serat bermanfaat untuk mengikat lemak sehingga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus. Penderita disarankan mengonsumsi sayuran, gandum, dan kacang-kacangan.

 

5. Konsumsi Makanan Rendah Lemak


Ilustrasi/Istimewa

Penyebab kolesterol tinggi salah satunya karena makanan yang tinggi kandungan lemaknya. Khususnya lemak trans dan lemak jenuh yang terkandung pada makanan seperti gorengan. Jika ingin mengonsumsi gorengan, bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang lebih sehat. 

 

6. Jangan Stres


Ilustrasi/Istimewa

Cara alami menurunkan kolesterol berikutnya adalah jangan stres. Kondisi stres dalam waktu yang lama dapat membawa dampak negatif pada tubuh, salah satunya meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh. Ketika sedang stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang dapat memengaruhi kadar kolesterol.

 

7. Kurangi Alkohol


Ilustrasi/Istimewa

Kurangi konsumsi alkohol dapat menurunkan kolesterol tinggi. 

Minuman beralkohol dapat meningkatkan terjadinya masalah kesehatan, termasuk meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), trigliserida, dan tekanan darah.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network