Awas! Abu Vulkanik Gunung Ruang sampai Manado, Ini Bahayanya

Norman Octovianus
Abu vulkanik Gunung Ruang sampai Manado dan sekitarnya. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Paparan Abu vulkanik dari erupsi gunung ruang menyebar hingga ke Manado dan sekitarnya. Gunung ruang diketahui kembali erupsi pada Selasa (30/4/2024) pukul 02:35 WITA dini hari tadi. 

Sekadar informasi, Abu vulkanik mengandung unsur logam seperti Timbal, Tembaga, Krom, Kadmium, Seng, Boron, Barium, Selenium, Perak, Besi, pH H2O, SiO2, dan Silika. 

Kandungan silika kristal dan sifat fisika-kimia permukaan partikel abu vulkanik dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, mata, dan kulit.

Abul vulkanik juga bisa sebabkan gangguan pernapasan seperti bronkitis, asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), emfisema, dan penyakit paru-paru jangka panjang.

Kandungan lapisan asam pada abu dapat menyebabkan gangguan pernafasan, batuk, iritasi pada paru-paru, mata, dan kulit.

Kelompok rentan seperti bayi, balita, dan lansia dapat mengalami kerusakan paru-paru akibat paparan gas dan abu vulkanik. Pun, dampak pada mata akan terjadi Iritasi mata, perasaan seolah-olah ada partikel yang masuk ke mata, mata merah, pembengkakan kantong mata, dan kornea lecet atau tergores. 

Komplikasi silikosis bisa terjadi akibat abu vulkanik, antara lain penyakit jaringan ikat, kanker paru-paru, fibrosis masif progresif, kegagalan pernapasan, dan tuberkulosis. 

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network