Desain Stasiun Kereta Api Tiongkok Mirip Pembalut, Netizen Protes

Norman Octovianus
Desain stasiun kereta api di Tiongkok yang diprotes. Foto/Istimewa

NANJING, iNewsManado.com – Netizen di Tiongkok memrotes rencana pemerintah membangun stasiun kereta api dengan desain mirip pembalut wanita dilansir BBC pada Rabu (17/4/2024).

Menariknya, para desainer bersikeras bahwa bangunan empat lobus ini dimaksudkan untuk meniru simbol bunga kota yaitu bunga plum. Namun, banyak netizen mengatakan bahwa bunga plum biasanya memiliki lima kelopak.

Perdebatan mengenai hal ini di platform media sosial Tiongkok telah ditonton jutaan kali dan banyak pengguna yang mengejek rancangan yang diusulkan.

Salah satu pengguna Weibo menyindir: “Mengapa kita semua langsung tahu itu pembalut wanita, tapi arsiteknya tidak??”

Yang lain menulis: “Ini adalah pembalut wanita raksasa. Sayang sekali jika dikatakan bahwa itu terlihat seperti bunga plum.”

Usulan desain stasiun kereta api di Nanjing diejek oleh pengguna internet di Tiongkok - salah satunya bercanda 'itu adalah pembalut wanita raksasa'

Usulan desain stasiun kereta api di Nanjing diejek oleh pengguna internet Tiongkok - salah satunya bercanda 'itu adalah pembalut wanita raksasa' (Wiebo)

Menurut laporan media lokal, desain awal telah disetujui oleh pemerintah provinsi dan nasional dan bangunan tersebut kini siap untuk dibangun. Proyek ini diperkirakan menelan biaya sekitar 20 miliar yuan Tiongkok (£2 miliar).

Stasiun Nanjing Utara mewakili investasi yang signifikan bagi kota sibuk berpenduduk 8,5 juta jiwa dan siap untuk mengklaim gelar stasiun terbesar di kota tersebut.

Dengan luas 14 meter persegi (37,6 km persegi), stasiun yang luas ini diproyeksikan dapat melayani sekitar 36,5 juta penumpang setiap tahunnya.

Ini bukan pertama kalinya sebuah bangunan di Tiongkok menyebabkan keributan dan secara tidak sengaja menarik perhatian. Sebelumnya, gedung Chinese Central Television [CCTV] mendapat cemoohan karena kemiripannya dengan celana pendek berukuran besar. Kantor pusat CCTV di Beijing dijuluki gedung “celana boxer besar” karena bentuknya yang khas.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network