Sejarah Hari Valentine dan Fakta-Fakta Menarik Dibaliknya

Dimas Andhika Fikri
Sejarah hari Valentine dan fakta-fakta menarik dibaliknya. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Hari Valentine atau disebut juga Hari Kasih Sayang, pada tanggal 14 Februari merupakan sebuah hari yang dijadikan salah satu momen untuk menunjukan cinta dan kasih sayang. Bukan untuk pasangan saja, melainkan juga untuk keluarga tercinta.

Namun, apakah Anda tahu tentang sejarah Hari Valentine? Berikut ini sejarah beserta fakta-fakta menarik tentang Hari Valentine yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (14/2/2022).

Sejarah Valentine

Tradisi Valentine sudah mulai sejak abad ke-17, berawal ketika Kaisar Claudius II melarang para pria roman untuk menikah di masa perang. Yang kemudian seorang uskup bernama valentine menentang keinginan Claudius.

Ia melakukan pernikahan secara rahasia dan akhirnya diketahui kemudian dieksekusi di depan umum. Pada saat dipenjara ia menulis sebuah catatan kepada anak perempuan dari kepala penjara yang berbunyi "From your Valentine".

Sejarah Sedih Hari Valentine

Muncul riset yang mengatakan bahwa 75 persen percobaan bunuh diri didasarkan oleh masalah hubungan percintaan pada Hari Valentine.

Selain itu, pada perayaan Valentine banyak terjadi kegagalan dalam menyatakan perasaan kepada orang yang mereka cintai. Hingga akhirnya beberapa orang yang frustasi memilih untuk bunuh diri.

Saling Bertukar Kartu Ucapan

Hari kasih sayang tersebut menjadi momen paling tepat untuk mengungkapkan rasa kasih sayang pada orang-orang yang terkasih. Kartu ucapan Hari Valentine yang pertama kali dibuat dipercaya berasal dari sekira tahun 1790-an.

Tradisi bertukar kartu ucapan yang berisi ungkapan kasih sayang yang ditujukan kepada pasangan atau keluarga. Setidaknya lebih dari 1 miliar kartu Valentine dicetak setiap tahunnya. Hal ini, menjadikan Valentine sebagai kartu valentine sebagai kartu musiman kedua setelah Natal. 

Bunga Mawar Jadi Simbol Cinta

Momen Valentine adalah waktu yang tepat memberikan hadiah-hadiah romantis salah satunya bunga. Bunga mawar selalu jadi pilihan populer untuk menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang. Kembali pada legenda yang menyatakan bahwa bunga mawar merupakan bunga favorit Dewi Venus, yaitu Dewi Cinta.

Sedangkan mawar juga seringkali dianggap sebagai perlambang perasaan yang kuat akan cinta. Dengan demikian, banyak orang memutuskan untuk memberikan bunga mawar baik warna merah sebagai perlambang perasaan yang menggebu-gebu atau warna putih sebagai perasaan yang melambangkan perasaan yang tulus. 

Makna Cokelat Pada Momen Valentine

Cokelat menjadi salah satu hadiah yang paling identik dengan Valentine. Tradisi memberikan kotak cokelat pada hari Valentine juga sudah terjadi sejak tahun 1861 yang pertama kali dibuat oleh Richard Cadbury.

Editor : Norman Octavianus

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network