5 Cara Mudah Atasi Jerawat Membandel Agar Tidak Tumbuh Lagi

Asthesia Dhea Cantika
Cara mudah atasi jerawat membandel agar tidak tumbuh lagi. (Foto ilustrasi: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Jerawat seringkali menjadi salah satu pemicu kurangnya percaya diri bagi sebagian orang apalagi saat tumbuh di wajah. Oleh karena itu, berbagai cara sering dilakukan setiap orang agar jerawat membandel tidak tumbuh lagi. 

Untuk diketahui, jerawat muncul karena produksi sebum atau kelenjar minyak berlebih pada kulit wajah menyumbat pori-pori. Biasanya jerawat dapat muncul dimana saja tak terkecuali wajah.

Untuk menghindari munculnya kembali jerawat perlu dilakukan perawatan yang tepat dan rutin. Lalu perawatan apa saja yang dapat mengatasi jerawat agar tidak muncul kembali? Berikut ini adalah 5 cara mudah atasi jerawat membandel agar tidak tumbuh lagi.

1. Bersihkan wajah secara rutin

Menjaga kebersihan wajah menjadi langkah awal untuk mencegah jerawat tumbuh kembali. Salah satunya dengan membersihkan wajah secara rutin.

Namun, membersihkan wajah tidak boleh sembarang lantaran jika terlalu berlebih akan membuat kulit wajah lebih banyak kehilangan minyak alami.

Maka dari itu, disarankan membersihkan wajah 2 kali sehari menggunakan face wash atau sabun muka berbahan kimia lembut dan bebas alkohol untuk mencegah iritasi kulit.

2. Gunakan pelembab

Perlu diperhatikan, kulit wajah yang terlalu kering dapat memicu produksi minyak berlebih dan menyebabkan jerawat lebih mudah muncul. Maka dari itu, setelah membersihkan wajah, gunakan pelembab sesuai jenis kulit wajah. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga wajah tetap lembab dan elastis.

3. Gunakan tabir surya

Tabir surya menjadi salah satu skin care wajib yang harus digunakan sebelum beraktivitas di luar ruangan.Tabir surya bermanfaat untuk menghindari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit dehidrasi. Kulit yang dehidrasi dapat memicu produksi minyak lebih banyak dan membuat jerawat mudah muncul kembali.

Pastikan juga tabir surya yang digunakan dapat menghalau sinar UV A dan UV B untuk melindungi kulit dari keriput dan mengurangi risiko terkena kanker kulit.

4. Batasi penggunaan make up

Make up menjadi salah satu cara untuk menutupi adanya jerawat pada wajah. Hanya saja, banyak orang tidak mengetahui bahwa make up dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan memicu terjadinya breakout pada wajah.

Sehingga untuk mencegah jerawat muncul kembali, batasi pemakaian make up. Jika ingin merias wajah, gunakan produk yang tidak mengandung parfum dan bebas minyak.

5. Jangan menyentuh wajah

Kebiasaan yang tanpa sadar dapat menimbulkan jerawat adalah menyentuh wajah. Sebaiknya, mencuci tangan hingga bersih terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah.

Jika wajah sering disentuh dengan tangan yang kotor, bakteri dari tangan bisa berpindah ke wajah dan memicu penyumbatan pori-pori bahkan muncul jerawat.

Editor : Norman Octavianus

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network