Pilkada Manado 2024: Partai Demokrat Tunjuk Ai, Royke atau HBL?

Norman Octovianus
Politikus Demokrat Harley Mangindaan, Royke Anter dan Hillary Lasut yang calon kuat maju Pilkada Manado 2024. Foto/Kolase/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Partai Demokrat Sulut tengah naik daun pascadikomandoni Elly Engelbert Lasut. 

Tangan dingin bupati Talaud tersebut, membawa Partai Demokrat bisa meraih hasil positif dalam Pileg 2024. Dibeberapa kabupaten dan kota di Sulut, Partai Demokrat berhasil meraih kursi signifikan terutama untuk DPR.

Hillary Lasut mampu meraup suara menakjubkan hingga bisa menempatkan diri sebagai caleg DPR suara terbanyak kedua sementara di Indonesia mengungguli Puan Maharani, anak Ketua Umum PDIP Perjuangan Megawati Soekarnoputri. 

Kini, kader-kader Demokrat pun mulai dilirik untuk turun bertarung di Pilkada Serentak 2024 di Sulut pada November 2024.

Kota Manado jadi pusat perhatian jelang Pilkada Serentak 2024. Sejumlah figur populis mulai muncul ke permukaan. Selain Andrei Angouw, walikota incumbent dari PDIP yang sudah dipastikan ikut bertarung di Pilkada Serentak nanti, muncul pula nama Jimmy Rimba Rogi mantan walikota Manado 2005-2008. 

Langkah politik partai demokrat pun dinanti masyarakat. Sebab, partai ini memiliki kader-kader potensial untuk maju Pilkada Manado 2024.

Sebut saja Harley Mangindaan. Anak petinggi partai demokrat Letjen EE Mangindaan ini bukan figur baru di Manado. Dia pernah menjabat wakil walikota Manado mendampingi Vicky Lumentut pada 2010-2015. Ai, sapaan Harley Mangindaan, diketahui memiliki basis massa militan. Figur yg dikenal humble ini diyakini bisa merebut hati masyarakat Manado jika maju Pilkada. 

Kemudian ada sosok Royke Anter. Figur satu ini merupakan sosok penting di Partai Demokrat. Royke selalu terpilih dalam keikutsertaan dalam Pileg di Manado. Royke dirasa sudah cukup untuk mencicipi kerasnya pertarungan di Pilkada Manado 2024.

Selanjutnya ada sosok Hillary Brigitta Lasut. Putri Elly Lasut ini dianggap layak maju Pilkada Manado 2024. Bukan saja popularitas HBL, sapaan akrab Hillary, namun kerja nyata serta peduli rakyat dari perempuan yang pernah jadi kader Partai NasDem ini dirasa sangat pantas untuk jadi wali kota Manado. 

Pengamat kemasyarakatan Unsrat Jetty Tamanampo M ketika dimintai tanggapan menyebutkan, masyarakat tentu akan melihat track record calon walikota dan calon wakil walikota. 

"Saat ini kan semua informasi tentang calon bisa didapatkan masyarakat seiring perkembangan digital. Baik buruk calon dengan mudah diperoleh masyarakat. Tentu siapa yang tulus pada masyarakat pasti akan dipilih," ujarnya, Kamis (7/3/2024). 

Terkait kans kader Partai Demokrat di Pilkada Manado, kata dia, semua kader partai manapun punya peluang. 

"Saat ini kan figur Hillary Lasut yang paling menonjol. Tapi apakah dia mau turun bertarung di Pilkada Manado?" tambah dosen FISiP Unsrat tersebut.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network