Wajib Tahu! Ini Jenis Buah Atasi Demam pada Tubuh dengan Cepat

Allan Pontoh
Buah atasi demam pada tubuh. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.comBuah atasi demam pada tubuh dengan cepat akan diulas dalam artikel kali ini.

Seseorang mengalami demam itu merupakan tanda tubuh untuk melawan infeksi, ketika sistem imun proses penyakit bagian otak yang bernama hipotalamus akan meningkatkan suhu tubuh, untuk membuat kerja sistem imun jadi lebih aktif.

Dalam terjadinya demam pada tubuh, diikuti oleh lidah yang terasa pahit akibat hidrasi dan sitokin yang dihasilkan saat demam.

Hal tersebut membuat seseorang yang mengalami demam cenderung tidak nafsu makan. 

Tentunya, mengalami demam hal pertama yang dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan dan pergi ke dokter.

Namun, dikutip berbagai sumber, Jumat (6/10/2023), ternyata ada jenis buah atasi demam yang bisa dikonsumsi dan menangani demam pada tubuh dengan cepat. 

Ini buah atasi demam pada tubuh. Simak selengkapnya. 

 

1. Alpukat


(Foto: Istimewa)

Buah atasi demam pada tubuh yang pertama adalah Alpukat. Alpukat 

kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat vitamin dan mineral asam oleat yang merupakan salah satu jenis asam lemak jenuh tunggal yang dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

 

2. Semangka


(Foto: Freepik)

Semangka merupakan salah satu buah atasi demam. Buah semangka terdiri dari 90 persen air, mengkonsumsinya dapat menjaga tubuh anda tetap terhidrasi.

Sama seperti buah lainnya semangka juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan senyawa likopen yang dapat membantu meredakan demam.

3. Tomat

Foto/Istimewa 

Tomat ternyata bisa mengatasi demam. Memiliki kandungan vitamin B9 atau dikenal dengan sebutan folat vitamin B9, Tomat dapat mencegah infeksi yang menyerang pernapasan seperti flu terutama pada anak-anak. Tomat juga mengandung kalium yang dapat memberi efek anti-peradangan, anda bisa mengonsumsi buahnya langsung atau mengolahnya menjadi jus. 

 

4. Sitrus

Jenis Buah-buahan sitrus seperti jeruk lemon dan jeruk limau Gedang mengandung flavonoid dan vitamin C merupakan buah atasi demam yang baik.

Beberapa penelitian menunjukkan kandungan flavonoid bernama quercetin yang ada pada buah sitrus, juga bisa membantu mengobati infeksi rhinovirus. Perlu diketahui rhinovirus adalah salah satu jenis virus yang paling sering menyebabkan flu. 

 

5. Berry

Foto/Istimewa 

Buah Berry termasuk strawberry blueberry dan raspberry tinggi akan kandungan antioksidannya, sudah ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa antioksidan berperan dalam meredakan gejala pilek atau flu. 

Biasa antioksidan mencegah kerusakan sel-sel kekebalan tubuh dengan menetralkan radikal bebas. Bila jumlahnya di dalam tubuh terlalu banyak radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang sehat dan menimbulkan penyakit.

Ditambah lagi buah Berry adalah sumber vitamin C yang baik, vitamin C juga berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

Mengonsumsi buah ini dapat membantu anda untuk pulih dari demam.

6. Pisang

Foto/Istimewa 

Buah atasi demam pada tubuh berikutnya adalah pisang. Pisang mengandung kalium, salah satu elektrolit utama yang sangat dibutuhkan tubuh. 

Selain itu pisang juga bisa menjadi penambah energi tekstur buah yang lembut dan lunak, pun mudah dicerna oleh perut sehingga cocok untuk orang yang sedang demam.

 

7. Kelapa

 (Foto: iNews.id/Istimewa).

Kelapa khusus airnya ternyata ampuh atasi demam. Kandungan elektrolit pada air kelapa membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang. Elektrolit sendiri merupakan mineral dalam tubuh yang berperan dalam mengembangkan jumlah air dan tingkat asam basa di dalam tubuh.

Itulah buah atasi demam dengan cepat pada tubuh. Semoga bermanfaat! 

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network