Gempabumi M 4,5 Mengguncang Gorontalo

Subhan Sabu
Gempabumi M 4,5 Mengguncang Gorontalo (Foto : Ilustrasi)

GORONTALO, iNewsManado.com - Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo diguncang gempa bumi tektonik pada Selasa, 25 Juli 2023 pukul 6.10 WITA. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter Magnitudo (M) 4,5. 

Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya mengatakan episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.27 Lintang Utara dan 122.63 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi 59 km BaratLaut Gorongalo Utara, Provinsi Gorontalo pada kedalaman 7 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Laut Sulawesi," kata Tony.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo dengan intensitas II MMI. Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut.

"Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan," ujar Tony.

Kepada masyarakat di wilayah Gorontalo dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Editor : Subhan Sabu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network