4 Manfaat Kurkumin Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

Alvindo Eklesia
Kunyit terkandung senyawa kurkumin.(Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.com - Manfaat kurkumin bagi kesehatan akan dibahas dalam artikel kali ini. Sebagian kalangan mungkin belum familiar dengan senyawa kurkumin yang banyak manfaat. 

Kurkumin merupakan senyawa yang terdapat pada tumbuhan kunyit (Curcuma longa Linn) atau tumbuhan temulawak (Curcuma Xanthoriza). Kurkumin merupakan senyawa polifenol dan pemberi warna kuning pada kunyit serta temulawak.

Kurkumin dalam bahasa Inggris adalah diferuloylmethane. Kurkumin memiliki manfaat bagi kesehatan yang fantastis. 

Dilansir berbagai sumber, Kurkumin memiliki dua bentuk tautomer: keton dan enol. Struktur keton lebih dominan dalam bentuk padat, sedangkan struktur enol ditemukan dalam bentuk cairan. Kurkumin merupakan senyawa yang berinteraksi dengan asam borat menghasilkan senyawa berwarna merah yang disebut rososiania.

Senyawa turunan kurkumin disebut kurkuminoid, yang hanya terdapat dua macam, yaitu desmetoksikurkumin dan bis-desmetoksikurkumin. Secara in vivo, kurkumin berubah menjadi senyawa metabolit berupa dihidrokurkumin atau tetrahidrokurkumin sebelum dikonversi menjadi senyawa konjugasi monoglusuronida.

Kurkumin dikenal karena sifat antitumor dan antioksidan yang dimilikinya, selain banyak kegunaan medis ada juga manfaat lainnya.

Berikut manfaat kurkumin bagi kesehatan dilansir iNewsManado.com, Rabu (12/7/2023).

 

1. Saraf

Manfaat Kurkumin Bagi Kesehatan yang pertama adalah bagi kesehatan saraf. Senyawa kurkumin melindungi saraf sehingga seseorang akan lebih sehat. 

 

2. Radang Otak

Manfaat Kurkumin Bagi Kesehatan berikutnya adalah mengurangi risiko radang otak vasospasma. Kurkumin mampu mengembalikan homeostasis energi pada sistem otak yang terganggu akibat terluka atau trauma.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network