Ini Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Diketahui, Salah Satunya Faktor Keturunan

Diana Rafikasari
Faktor keturunan dan yang berhubungan dengan gaya hidup bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi. (Foto ilustrasi: Vecteezy)

Karena perubahan metabolisme yang berkaitan dengan usia, termasuk bagaimana hati menghilangkan kolesterol jahat dari darah, risiko kolesterol tinggi setiap orang meningkat seiring bertambahnya usia. 

3. Jenis Kelamin 

Wanita di atas 55 tahun atau yang telah menopause cenderung memiliki kadar kolesterol jahat lebih rendah daripada pria. Secara umum, pria cenderung memiliki kadar kolesterol baik lebih tinggi daripada wanita. 

4. Makanan

Makan makanan tinggi kolesterol, lemak jenuh dan lemak trans diketahui berkontribusi terhadap kadar kolesterol tinggi. Sebagian besar produk susu hewani dan penuh lemak, dan minyak tertentu yang padat pada suhu kamar, mengandung lemak jenuh tingkat tinggi.

5. Kurang Olahraga 

Sedikit atau tidak ada olahraga dalam kehidupan sehari-hari dapat menurunkan kolesterol baik yang dapat mempersulit tubuh untuk membersihkan kolesterol jahat di arteri. Olahraga tingkat sedang hingga intens dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi ukuran partikel kolesterol jahat, sehingga tidak terlalu berbahaya. 

6. Merokok 

Merokok dapat merusak pembuluh darah dan menurunkan kolesterol baik, yang pada tingkat normal melindungi terhadap penyakit jantung, terutama pada wanita. Tidak ada bukti konklusif yang menunjukkan bahwa merokok meningkatkan kolesterol jahat, tetapi hal itu menciptakan lingkungan arteri yang mendorong penumpukan plak lemak. 

7. Kegemukan 

Editor : Norman Octavianus

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network