Banjir Bandang Terjang Sebuah Desa di Kaki Gunung Klabat, Minahasa Utara

Subhan Sabu
Akibat banjir bandang, Desa Klabat, Kabupaten Minahasa Utara dipenuhi lumpur dan batang pohon kayu (Foto : Subhan Sabu)

MINUT, iNewsManado.com - Desa Klabat, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dipenuhi material lumpur dan batang pohon kayu yang berasal dari gunung klabat. Material tersebut dibawa oleh banjir bandang yang terjadi pada Sabtu (18/3/2023) sekira pukul 13.44 WITA.

Akibat banjir bandang tersebut, akses jalan lingkar dari Minahasa Utara ke Kota Bitung putus dan tidak bisa di lewati kendaraan akibat tertutup material lumpur dan batang pohon kayu.

Kepala BPBD Minut, Theodore Lumingkewas mengatakan banjir tersebut baru pertama kali terjadi di Desa Klabat. Terkait banyaknya batang-batang pohon yang hanyut dia mengaku akan melalukan penyelidikan.

"Kita akan selidiki, kita akan cek dulu karena banyak pohon-pohon kayu yang ada di jalan," kata Kaban BPBD Minut, Theodore Lumingkewas.

Saat ini kata dia pihaknya bersama masyarakat setempat masih berusaha membuka akses jalan dengan membersihkan batang-batang pohon yang menutupi badan jalan agar masyarakat tidak ada yang terisolasi.

Selain itu kata dia, pembersihan dilakukan secepatnya untuk menjaga kemungkinan adanya banjir susulan dari gunung klabat.

"Untuk jumlah rumah dan keluarga yang terdampak kami masih melakukan pendataan," ujarnya

Editor : Subhan Sabu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network