7 Tradisi Suku Minahasa yang Populer, Nomor 1 Bikin Macet Parah

Fabyan Ilat
Tradisi Suku Minahasa di Sulawesi Utara. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Tradisi Suku Minahasa akan diulas dalam artikel kali ini. Tradisi Suku Minahasa sangat beragam yang turun temurun berlaku di masyarakat. 

Suku minahasa merupakan salah satu suku di Sulawesi Utara. Mengacu mitologi Minahasa, Suku Minahasa merupakan keturunan Toar dan Lumimuut yang pada awalnya bermukim di sekitar pegunungan Wulur Mahatus (atau ratusan gunung). Berdasarkan cerita rakyat orang minahasa berasal dari keturunan pasangan Toar dan Lumimuut, yang berasal dari turunan Mongolia dan Tiongkok.

Suku Minahasa merupakan Suku terbesar di Sulawesi Utara. Suku Minahasa terbagai delapan sub suku, yakni, Tonsea, Tombulu, Tonsawang, Ratahan, Ponosakan, Tontembuan, Toulour dan Bantik. 

Dari sejumlah sub suku inilah muncul tradisi Suku Minahasa yang turun temurun berlaku hingga saat ini. Tradisi suku Minahasa sebagian besar masih terjaga karena terus dipertahankan. 

Berikut tradisi Suku Minahasa dirangkum iNewsManado.com, Rabu (14/12/2022) :

 

1. Pengucapan Syukur

Tradisi Suku Minahasa yang pertama adalah pelaksanaan pengucapan syukur. Tradisi pengucapan syukur merupakan salah satu budaya populer Suku Minahasa di Sulawesi Utara. 

Pengucapan syukur awal mulanya dalah wujud rasa syukur warga atas berkat Tuhan dari hasil pertanian. Hasil pertanian seperti padi, jagung, kelapa, cengkih dan rempah-rempah yang telah dipanen dipersembahkan kepada Tuhan lewat rumah ibadah. 

Dimasa kini, pengucapan syukur terus dilaksanakan di Sulawesi Utara. Perayaan pengucapan syukur saat ini, warga mensyukuri berkat Tuhan dengan selain persembahan ke rumah ibadah, warga biasanya menyiapkan makanan bagi para tamu. Tradisi ini sering sebabkan kemacetan parah. 

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network