Deretan Gempa Bumi di Pulau Jawa, Ini Penyebab Utama dan Penjelasan Ilmiahnya

Fabyan Ilat
Gempa bumi di Pulau Jawa terjadi karena sejumlah lempengan yang terdapat di Indonesia. Ilustrasi/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Gempa bumi di Pulau Jawa aktif terjadi sejak gempa cianjur pada 21 November 2022 lalu. Kepanikan muncul, karena gempa bumi di Pulau Jawa menyasar sejumlah wilayah. Tingginya gempa bumi di Pulau Jawa akhir-akhir ini, membuat sejumlah pihak bertanya. 

Untuk diketahui, gempa bumi di pulau Jawa sulit terelakkan karena sejumlah penyebabnya. Salah satu penyebab gempa bumi di pulau Jawa karena keberadaan Zona Subduksi.

Zona Subduksi artinya area yang memertemukan dua lempeng yang membentuk deretan gunung berapi dan gempa bumi. Pertemuan ini disebut patahan gempa atau megathrust.


Sunda Megathrust yang pemicu gempa bumi pulau Jawa. Foto/Istimewa
 

Megathrust melingkari nyaris seluruh pulau besar di Indonesia termasuk pulau Jawa sehingga menciptakan gempa di pulau Jawa. 

Di Indonesia ternyata adalah tempat pertemuan tiga lempeng dunia serta beberapa lempeng mikro, sehingga menyebabkan frekuensi kejadian gempa bumi sangat tinggi di berbagai daerah.

Dimana zona ini merupakan zona pertemuan antara Lempeng eurasia yang ditujam oleh Lempeng Indo-Australia. Ini adalah salah satu zona struktur paling aktif di Bumi, dan bertanggung jawab atas banyak gempa. 

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network