Wajib Tahu! Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi di Indonesia

Fabyan Ilat/Net Manado
Perbedaan Institut, universitas, sekolah tinggi dan akademi di Indonesia. Ilustrasi/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Perbedaan Institut, universitas, sekolah tinggi dan Akademi seringkali kurang disadari sebagian orang. 

Memang, jika dipahami sekilas terdapat kesamaan dari empat jenjang pendidikan tersebut. Yakni, sekolah Lanjutan setelah sekolah menengah atas. 

Namun, dari empat jenis pendidikan lanjutan itu, ternyata ada perbedaan Institut, universitas, sekolah tinggi dan Akademi. 

Dari empat jenjang pendidikan di atas, ada yang menetapkan pendidikan program vokasi. Sebagai informasi, program Vokasi adalah program pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global. Tentunya ini berbeda dengan Sarjana. 

Berikut perbedaan Perbedaan Institut, universitas, sekolah tinggi dan Akademi dirangkum iNewsManado, Kamis (3/11/2022): 

 

  • Institut

Secara umum Institut merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi pada rumpun bidang tertentu. Pendidikan program vokasi berlaku di sini. Pada Institut, jurusan yang disiapkan hanya sedikit namun spesifik berbeda dengan universitas. Institut merupakan jenjang pendidikan yang terbatas pada beberapa bidang saja. 

 

  • Universitas

Untuk Universitas menerapkan program pendidikan vokasi dan profesi. Di Universitas pilihan jurusan lebih banyak dibanding yang lain. 

Universitas merupakan institusi pendidikan tinggi dan juga penelitian, terdiri atas berbagai macam fakultas yang mencakup bidang teknologi, ilmu pengetahuan, dan seni. Pendidikan profesi juga terdapat di Universitas lewat sejumlah fakultas seperti, Fakultas Kedokteran dan Hukum

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network