Santapan Rohani: Balas Kasih, Bukan Balas Dendam

Norman Octavianus
Balas kasih bukan balas dendam. Ilustrasi/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Santapan rohani Kristen pada Senin (10/10/2022) membahas kitab Wahyu 16:1-21. Dalam pembacaan ini, Wahyu menceritakan tentang Ketujuh Malapetaka

Sebagai ilustrasi dari pembacaan Alkitab di atas, artikel ini membahas mengenai kehidupan kita sehari-hari. Tidak ada seorang pun yang suka dimarahi. Ketika seseorang melampiaskan kemarahannya kepada kita, pertanyaan dalam benak kita adalah: "Mengapa?" dan "Layakkah aku diperlakukan demikian?"

Wahyu 16 mencatat tentang kegenapan murka Allah, yang digambarkan dengan tujuh cawan murka yang ditimpakan atas seluruh dunia (1). Setiap elemen kehidupan tidak terluput dari murka Allah: bumi (2), laut (3), sungai-sungai dan mata-mata air (4), matahari (8), takhta binatang buas (10), Sungai Efrat yang besar (12), serta angkasa (17).

Membaca perikop ini, pertanyaan yang bisa muncul di benak kita adalah: "Mengapa Allah melakukan tindakan itu?" dan "Apakah bumi memang pantas menerima semua itu?"

Dunia sudah begitu dikuasai oleh dosa, sedemikian rupa hingga mereka tidak dapat lagi menghargai kekudusan, lebih memilih untuk menghujat nama Allah, dan menolak untuk bertobat. Murka yang dinyatakan Allah adalah wujud keadilan-Nya atas dunia. Penghakiman yang dinyatakan Allah bukanlah tindakan balas dendam, melainkan tindakan kasih. Mengapa demikian? Karena Allah Pencipta dunia ini.

Tindakan Allah memiliki maksud supaya dunia berkarya untuk memuliakan Allah. Namun, alih-alih memuliakan Allah, manusia-dalam keberdosaannya-malahan mencoba untuk memuliakan diri mereka sendiri. Manusia membangun kerajaan bagi kemuliaannya sendiri. Maka, Allah menghadirkan keadilan supaya manusia mendapat balasan setimpal dengan tindakan mereka terhadap Allah.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network