Hindari Mogok, Berikut Tips Melewati Banjir saat Naik Motor

Bertold Ananda
Banyak risiko jika pengendara memaksakan diri menerabas genangan air. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Memasuki musim hujan saat ini banjir dapat terjadi kapan saja. Dalam melakukan perjalanan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengendara motor

Tak jarang banjir menggenangi jalan utama sehingga sulit mencari jalur alternatif. Di sisi lain, banyak risiko jika pengendara memaksakan diri menerabas genangan air. 

Bagaimana tips agar aman melintasi banjir? Dilansir dari berbagai sumber, Senin (15/11/2021), berikut tips melewati banjir saat naik motor agar tidak mogok di jalan: 

1. Perlengkapan motor 

Pastikan saat memasuki musim hujan fairing dan juga spakbor terpasang. Fairing dan spakbor berfungsi membelah arus sehingga meminimalisir air masuk ke ruang mesin. 

2. Jalan perlahan atur RPM 

Atur cara berkendara Anda. Jalan perlahan dan pastikan Anda mengatur Revolutions Per Minute (RPM) gas dengan benar. Jangan biarkan RPM melemah saat melewati banjir. Tetapah beri tambahan gas untuk menjaga air masuk dalam lubang knalpot yang dapat membuat motor mogok. 

3. Pertahankan gigi terendah 

Saat melewati banjir pertahankan posisi gigi pada transmisi terendah. Cara ini berlaku bagi motor gede yang memiliki kopling maupun motor bebek.  

Untuk motor matic salah satu caranya dengan memberikan rpm tinggi yang disertakan dengan rem. Cara ini dianjurkan untuk mencegah air masuk ke dalam lubang knalpot lewat tekanan udara yang dihasilkan. Sementara rem digunakan untuk menjinakan laju motor supaya motor terkontrol. 

4. Tutup saluran udara 

Cara ini dilakukan saat motor terjebak banjir dan terpaksa harus melewatinya. Siapkan plastik dan karet untuk melindungi komponen saluran udara seperti filter udara, karburator, tutup oli dan juga cangklongan busi. Pastikan semua tertutup rapat jangan beri celah air masuk.

Lihat juga: Bukit Kasih Kanonang, Wisata Religi di Sulut yang Populer Diawal Tahun 2000

 

Editor : Norman Octavianus

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network